Perhelatan BaliDeX International Trade Expo & Conference 2019 ( Foto : Liputan6 )
Perhelatan BaliDeX International Trade Expo & Conference 2019 ( Foto : Liputan6 )

Jakarta, MNEWS.co.id –  BaliDeX International Trade Expo & Conference 2019 yang merupakan acara terbesar yang mempertemukan penjual dan pembeli lokal hingga  mancanegara. Acara ini terselenggara dengan sukses di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada 30 Agustus-4 September 2019. BaliDeX (Bali Digital eCommerce Expo) juga menjadi sarana promosi serta peluang baru untuk meningkatkan omzet keuntungan perusahaan  di Indonesia. Peserta yang hadir dalam ajang ini lebih dari 2.800 delegasi dari 45 negara.

Mewakili Gubernur Bali, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Bali, Nyoman Sujaya memaparkan bahwa pemerintah memberikan sambutan baik kegiatan ini yang sejalan dengan program Bali Smart Island, yaitu membangun masyarakat Bali yang cerdas. “Cerdas di bidang ekonomi, budaya, infrastruktur, dan cerdas dalam pengelolaan lingkungan hidup,” kata Nyoman.

Nyoman juga menambahkan BaliDeX 2019 memberikan akses bagi pelaku UMKM dan koperasi untuk bisa memperkenalkan produk-produk ekonomi kreatif Bali dan Indonesia ke pasar global.  “Pembangunan ekonomi merupakan proses yang mandiri, namun diperlukan proses interaksi dukungan dari berbagai pihak secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dinas Koperasi dan UMKM Bali menyerahkan penghargaan kepada KSU Inti Prana Semesta sebagai “Pionir Koperasi Digital” yang diterima I Dewa Gede Ngurah dan sebagai penyelenggara BaliDeX 2019 yang diterima Dewa Ketut Dharmayana. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara Koperasi Inti Prana Semesta dan OneAcademy Indonesia dan dianggap penting untuk menjalin kerja sama ekonomi secara berkesinambungan. 

Sulistya Putra selaku Global Leadership Group meresmikan pembentukan Asosiasi Wiraswasta Nusantara (Aswin) dan International Digital Economy Association (IDEA) sebagai hasil global mastermind conference yang menghadirkan para pembicara internasional. Anggota tersebut terdiri dari berbagai perusahaan, koperasi, UMKM, lembaga pendidikan, institusi, dan tokoh-tokoh nasional yang peduli dengan digital ekonomi Indonesia.

Selain itu berbagai perusahaan dan organisasi di berbagai negara bisa mendaftar menjadi mitra IDEA. Hal tersebut menjadi sejarah baru yang dimulai dari Bali untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia dan pemerataan ekonomi rakyat berbagai negara dunia.

BaliDeX juga dimeriahkan dengan ONE Funtastic Show, yaitu acara malam seni Bali yang menghadirkan sendratari Ramayana dan dikombinasikan dengan charity gala dinner. Di akhir acara diserahkan donasi Mark Nishiyama dari IDEA Jepang untuk korban bencana alam Indonesia.  Selain itu juga ada program edukasi BaliDeX2019.com untuk pelatihan e-commerce bagi para mitra Aswin dan IDEA terus berlangsung hingga 4 September 2019. BaliDeX menjangkau lebih dari jutaan wirausahawan di 194 negara.

Rangkaian acara BaliDeX berhasil menarik perhatian para delegasi mancanegara. Hari pertama BaliDeX 2019 dimulai 30 Agustus 2019 dengan menggelar global mastermind conference yang diisi dengan edukasi para market leader dan pakar e-commerce dari mancanegara.