Foto: Tokopedia

Jakarta, MNEWS.co.idBrand kecantikan lokal kian diminati oleh para beauty enthusiast. Hal ini juga dibuktikan lewat data yang dirilis perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, baru-baru ini.

Lewat data terbarunya, Tokopedia menyebut bahwa kategori kecantikan masih menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling pesat selama kuartal III 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu. Jumlah penjual di kategori kecantikan dan perawatan tubuh juga meningkat hampir 2x lipat.

Masih dalam data yang sama, Tokopedia menyebut bahwa produk kecantikan buatan UMKM lokal; seperti tabir surya, serum wajah, masker wajah, cleanser, dan krim wajah, menjadi yang paling diburu masyarakat di Tokopedia.

Melihat data tersebut, Tokopedia pun kemudian menggelar ajang penghargaan bertajuk Tokopedia Beauty Awards 2021. Ajang penghargaan ini kabarnya dibuat sebagai upaya untuk mengapresiasi sekaligus mendukung eksistensi brand kecantikan lokal.

“Ajang penghargaan tahunan ini adalah upaya Tokopedia untuk mendorong produk UMKM lokal kecantikan agar semakin menjadi pilihan utama masyarakat, supaya bisa bangkit bersama membantu pemulihan ekonomi nasional,” kata External Communications Lead Tokopedia, Antonia Adega, dikutip dari siaran pers Tokopedia.

Tokopedia Beauty Awards 2021 sendiri digelar mulai dari 25 Oktober-10 Desember 2021. Selama periode tersebut, konsumen bisa mendukung brand kecantikan lokal favoritnya lewat voting di halaman kampanye Tokopedia Awards 2021 hingga 30 November 2021.

Selain itu, konsumen juga bisa memilih brand kecantikan lokal favorit untuk 23 kategori penghargaan; seperti kategori best toner/essence, serum, moisturizer, sun care, hingga face mask.

Sementara itu, pemenang dari voting terbanyak akan diumumkan Tokopedia pada Desember 2021. Pemenang juga akan mendapat berbagai benefit; seperti exposure lebih tinggi karena tampil di kampanye besar Tokopedia, salah satunya Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan pelatihan manajemen bisnis dari pakar, hingga dukungan modal untuk pengembangan bisnis.