Suasana cupping kopi pada Festival Kopi Ketiga di Moskow pada Selasa, (30/11/21). (Foto: dok. KBRI Moskow)

Jakarta, MNEWS.co.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia menggandeng PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Festival Kopi Indonesia di Rusia dalam rangka memberdayakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) kopi naik kelas siap ekspor sekaligus dukungan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia dan #BanggaLokal.

“BCA memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten, hingga membantu proses pengiriman sample,” kata Direktur BCA John Kosasih.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai ekspor pertanian pada Oktober 2021, tercatat kopi menempati porsi terbesar ekspor pertanian yaitu sebesar 22,63%. Sebagai bagian sistem keuangan nasional, BCA berkomitmen mendukung pemulihan ekonomi termasuk UMKM.

Festival Kopi Indonesia merupakan bentuk kerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Rusia. Dalam kegiatan ini, BCA telah memberikan pendampingan bagi seller binaan agar mampu meningkatkan kualitas dan menjaga standar pemasaran yang konsisten.

“Kami berharap setelah kegiatan ini berakhir, para seller tetap dapat melanjutkan ekspor kopi ke Rusia dan negara-negara lainnya,” katanya.

Bank BCA juga memberikan dukungan kepada delapan peserta Festival Kopi Indonesia yakni Aksata Coffee, Awi Coffee, Bali Beans Coffee, Bangflo, Dua Coffee Roastery, Kopi Ketjil, Mozass Healthy Labs, dan Taman Delta Coffee.

Sebanyak tujuh di antaranya merupakan UMKM binaan BCA lulusan BCA UMKM Fest dan program BCA Bangga Lokal, yang berasal dari Jakarta, Semarang, Medan, Bali, dan Flores. Kedelapan merchant ini menawarkan beragam varian kopi, antara lain Arabica, Robusta, Luwak, Gayo, Flores, Green Coffee, dan Bali Kintamanis.

“Hal ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) maka program ini pun turut serta menerapkan aspek tersebut. Kami berharap keberadaan program ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh UMKM di Indonesia serta membangkitkan semangat untuk keluar dari situasi penuh ketidakpastian,” pungkasnya.