Ilustrasi bisnis online. (Foto: Pexels/Alison Grace)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun menyarankan agar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk bertransformasi ke sistem digital jika ingin bertahan di masa pandemi Covid-19.

“Nah dari sisi UMKM nya harus melakukan transformasi, mereka harus berubah yang tadinya berjualan secara konvensional juga harus meningkatkan kemahirannya dengan interaksi melalui online,” kata Ikhsan dikutip dari Kompas.

Menurut Ikhsan, penjualan online memang membutuhkan proses. Misalnya, bagi pelaku UMKM berusia 40 tahun ke atas kebanyakan terkendala dalam memahami cara menggunakan media online. “Tapi apa boleh buat, bahwa suka tidak suka, mau tidak mau di masa sulit ini harus melakukan transformasi,” ujarnya.

Ia menegaskan tujuan dari transformasi ini sangat penting untuk mendukung membangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Ia berpendapat ada dua hal yang perlu ditransformasi oleh pelaku UMKM, pertama, meningkatkan kemahiran SDM dan yang kedua, transformasi usaha.

Dengan meningkatkan kemahiran dalam mengoperasikan online, maka UMKM akan bangkit dengan cepat. Hal itu terbukti sudah ada sekitar 10 juta UMKM yang go digital atau 15 persen dari total keseluruhan 64 juta UMKM.

“Itu terbukti sekitar 15 persen atau 10 juta UMKM di masa pandemi Covid-19 masuk online. Kemudian transformasi usaha, yang sebelumnya menjual konvensional sekarang bisa berjualana online,” tambah Ikhsan.