Ilustrasi bisnis kuliner. (Foto: Bisnis UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bisnis kuliner semakin bertumbuh di tengah pandemi Covid-19. Banyak masyarakat yang mulai menjual makanan rumahan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Memang, di masa pandemi seperti sekarang ini, bisnis kuliner justru semakin menggeliat. Apalagi memiliki usaha di bidang kuliner bisa menjadi ladang cuan karena memiliki potensi dan pasar yang besar. Meski begitu dalam menjalankan bisnis ini tidak bisa asal.

Dikutip dari Detik.com ada 5 kiat yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis kuliner bagi pemula, yaitu:

Buat Daftar Potensi
Saat ini ada beragam produk makanan yang bisa ditawarkan ke konsumen. Salah satunya frozen food yang sedang naik beberapa waktu belakangan ini. Namun, sebaiknya Anda jangan hanya ikut-ikutan. Buat daftar dan kurasi jenis makanan apa saja yang hendak dijual. Fokus pada jenis makanan yang paling dikuasai.

Pahami Target Pasar
Mengetahui target pasar menjadi langkah penting bagi pebisnis pemula. Sebab dengan memahami target pasar yang dituju akan mempermudah Anda dalam menyusun langkah dan strategi promosi supaya bisnis semakin berkembang di masa depan. Pastikan Anda mengetahui siapa saja yang membutuhkan produk tersebut. Pahami juga kompetitor serta mulai membuat persona.

Buat Rencana Bisnis
Buat Anda yang baru terjun ke dunia bisnis kuliner penting untuk membuat sebuah rencana bisnis atau business plan. Tak perlu terlalu ribet, cukup buat yang sederhana saja. Adapun beberapa poin yang perlu dicantumkan dalam rencana bisnis, di antaranya target omzet per bulan dan target penjualan. Termasuk harga modal untuk bahan-bahan dan perlengkapan. Hal ini agar memudahkan Anda dalam menghitung nilai jual produk di pasaran.

Aktif di Media Sosial
Di era digital, promosi bisnis termasuk di bidang kuliner banyak memanfaatkan platform online seperti media sosial. Oleh karena itu, sebagai pengusaha pemula Anda juga tidak boleh ketinggalan. Gunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk menunjang promosi bisnis lewat berbagai konten kreatif. Dengan begitu Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Buat Program Diskon Berkala
Diskon jadi salah satu cara efektif untuk menarik perhatian konsumen selain komunikasi melalui konten. Buatlah program diskon secara rutin dengan menawarkan berbagai promo menarik untuk memanjakan calon konsumen. Manfaatkan juga momentum hari-hari besar agar program diskon Anda selalu mengikuti tren.

Kondisi masa pandemi saat ini membuat banyak orang harus memutar otak mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Adapun salah satu upaya yang banyak dilakukan belakangan ini adalah bisnis kuliner rumahan.