UMKM Kota Bandung Go Internasional, KJRI Istanbul Bangun Katalisator Ekspor Indonesia-Turki. (Foto: dok. Kemlu)

Jakarta, MNEWS.co.id – Produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) asal Bandung siap dijajakan di pasar Turki. Bersama empat pengusaha diaspora Indonesia di Turki, 40 UMKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung menjajaki kemungkinan pasar secara berkelanjutan di Istanbul.

Dikenal sebagai hub industri kreatif, Bandung terkenal dengan produk-produk potensial seperti olahan makanan, handicraft hingga berbagai produk fashion seperti mukena dan sepatu Cibaduyut. Penjajakan akan dilakukan bersama dengan pengusaha diaspora Indonesia di Turki.

Diantaranya Emilio Bisanto (Entur Global), Lenny Mila (KEMI Turki), Yogi Abimanyu (PERPAKI/Kaya Sinerji), dan Fardal Yilmas (IPEMI Turki). Pemilik perusahaan ekspor impor Entur Global, Emilio Bisanto, menyoroti bahwa bekerja sama dengan sesama pengusaha Indonesia, akan membuat value chain lebih efisien.

“Selain itu, pengusaha Indonesia juga akan terbantu dengan proses riset pasar sehingga produk yang dikembangkan lebih market-driven dan lebih mudah untuk dipasarkan,” katanya dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

Konsul Jenderal RI Istanbul, Imam As’ari, mengatakan pertumbuhan ekonomi Turki di kuartal I 2021 sangat baik di angka tujuh persen. Menurutnya, Indonesia harus mampu mengambil kesempatan ini untuk menjadikan Turki hub dalam berekspansi ke pasar internasional.

“Turki sedang membangun depo-depo ekonomi di negara-negara lain seperti Amerika, Libya, dan lainnya, maka mari gunakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis,” ujarnya.

Ia menambahkan mengenal karakteristik pasar sangat penting karena Turki memiliki karakter yang berbeda dari Indonesia. KJRI Turki mendorong agar para pengusaha memotong mata rantai perdagangan agar harga lebih kompetitif, selain berinovasi dan terus menjalin jejaring perdagangan di berbagai kegiatan.

Selain market driven, Ia juga berharap bahwa para pengusaha bisa mengikuti jejak Indomie, mie instan asal Indonesia yang saat ini sudah diterima dengan baik di Turki. Imam sekaligus mengajak para pengusaha Bandung untuk turut hadir dalam Pameran Coffex Istanbul 2021 yang akan dilaksanakan pada 15-18 September 2021 sebagai bagian dari pengembangan produk UMKM Indonesia di pasar global.