Ilustrasi pelaku usaha kuliner. (Foto: Resep Koki)

Jakarta, MNEWS.co.id – Untuk kamu yang ingin mencoba memulai usaha makanan tetapi bingung bisnis makanan apa ya yang kira-kira terbaik untuk sekarang ini?

Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba usaha ini, berikut ide usaha makanan yang banyak cuannya dan patut dicoba dilansir dari Cermati.

1. Bakso Goreng
Meski berminyak, tapi bakso goreng menjadi salah satu makanan yang tak kalah diminati, khususnya oleh anak-anak dan remaja. Modal pembuatannya murah, metode membuatnya juga mudah, tapi keuntungannya banyak.

Adapun bahan yang dibutuhkan, seperti daging cincang, udang cincang, kaldu, bawang putih, wijen, baking powder, garam, dan lada. Setelah semua bahannya tercampur rata, dibentuk bulat, lalu goreng sampai berwarna kecoklatan.

Menariknya, Anda tidak butuh lahan khusus untuk berjualan bakso goreng. Anda bisa jual di gerobak saja, lalu dijajakan di pinggir jalan atau di rumah saja sudah bisa.

2. Brownies
Brownies tidak hanya disantap sebagai pencuci mulut, kudapan untuk ngopi atau minum teh, tapi juga sering dijadikan sebagai kue ulang tahun. Inilah yang membuat brownies layak dijadikan opsi untuk membuka bisnis. Sebab, pangsa pasarnya lebih luas dan kalangan mana saja bisa menikmati brownies.

Brownies sendiri terdiri dari berbagai varian rasa, tapi rasa coklat, keju, dan moccha menjadi salah satu yang paling banyak digemari. Tapi, Anda bisa juga menghadirkan variasi rasa lain agar konsumen bebas memilih.

Bahan-bahan pembuat brownies mudah didapat, bahkan sudah di pasar tradisional. Dengan begini, Anda bisa lebih hemat biaya membeli bahan-bahannya karena harga di pasar tentu lebih terjangkau dibandingkan di supermarket.

3. Dimsum
Salah satu makanan khas Tiongkok ini juga tak kalah menarik dicoba. Modal untuk membuat makanan yang berbahan dasar kulit lumpia yang dicampurkan dengan aneka daging ini juga terjangkau. Cara membuatnya juga mudah, jadi Anda yang punya waktu luang sesekali bisa coba untuk menambah pemasukan.

Bahan-bahan yang diperlukan mudah didapat, seperti kulit lumpia atau siomay atau pangsit, daging, daun bawang, garam, gula pasir, kecap asin, dan wijen. Untuk menambah cita rasa dimsum, Anda bisa tambahkan isian lainnya, seperti wortel.

Anda bisa berjualan dimsum di depan rumah, menitipkannya ke rumah makan, atau online. Jadi tidak harus punya restoran, kafe, atau rumah makan sendiri untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Sehingga modalnya bisa lebih hemat.

4. Boba
Minuman yang satu ini cukup populer di masyarakat karena cita rasanya yang nikmat. Perpaduan antara susu, teh, dan mutiara gelap yang kenyal menjadi ciri khas minuman yang satu ini.

Boba bisa jadi salah satu ide bisnis kuliner yang menarik untuk dijalankan, terutama di tengah popularitas boba yang sekarang. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan pelanggan sekaligus keuntungan berlimpah.

Anda bisa melihat cara membuat minuman boba dari video tutorial di internet. Sedangkan untuk pegawainya, Anda bisa andalkan tenaga diri sendiri dulu di tahap awal perintisan usaha. Jika bisnis telah berkembang, baru cari karyawan untuk membantu pengelolaannya.

Di tengah pandemi COVID-19, berbisnis kuliner secara online mulai dilirik banyak orang. Bisnis kuliner saat ini banyak dilirik karena dirasa menjanjikan. Ini karena makanan sudah pasti dibutuhkan setiap orang. Mulai dari camilan hingga hidangan utama yang mengenyangkan.