Ilustrasi umkm pariwisata. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebanyak 35 pelaku UMKM berkesempatan untuk memasarkan produknya ke pembeli internasional secara online di tengah pandemi COVID-19. Ini menjadi salah satu upaya untuk membuat UMKM Go International melalui BCA UMKM Fest.

“BCA membuka jalan luas bagi pelaku UMKM untuk bangkit di tengah pandemi, tidak hanya di negeri sendiri melainkan juga mampu bersaing secara global. Kerja sama yang kami miliki dengan sejumlah lembaga merupakan sarana yang tepat bagi UMKM untuk mempromosikan hasil usaha dengan maksimal. Kegiatan seperti ini dapat mendorong pelaku UMKM lainnya untuk bangkit dan bersemangat menciptakan inovasi baru,” ujar Freddy Iman, EVP Commercial & SME Business BCA, dalam keterangan yang diterima pada Sabtu (1/5/2021).

Promosi produk ini dilakukan dalam sesi virtual Business Matching sebagai bagian dari rangkaian kegiatan UMKM Fest UMKM Fest yang digelar BCA.

Sesi virtual Business Matching merupakan kerja sama BCA dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center (ITPC), dan Bank Koresponden untuk menghadirkan lebih dari 100 calon buyer dari 30 negara di lima benua.

Sebelumnya, para pelaku UMKM dikurasi dan dipastikan untuk siap memasarkan produknya ke pasar ekspor. Calon buyer dapat memilih kelompok produk yang sesuai, seperti food & beverage, sea products, furniture, fashion, art, hingga machinery dan raw materials. Setelah itu, baru dilakukan meeting dengan jadwal yang disepakati bersama.

Beberapa UMKM lokal yang telah melakukan kesepakatan untuk pengiriman sample antara lain Amura Griya yang akan mengirimkan sample produk Jamur Crispy ke Perancis, Artha Jaya Marindo akan mengirimkan produk ikan asap ke Belanda, dan Rendang Katuju yang akan mengirimkan sample rendang ke Brazil. Tak hanya itu, ITPC Sao Paulo berkomitmen akan mendukung fasilitas billboard di lokasi strategis untuk komunikasi Rendang Katuju di Ibukota Brazil.

“Business Matching dalam rangkaian kegiatan UMKM Fest ini merupakan salah satu inovasi dan dukungan BCA dalam mendorong kebanggaan atas produk Indonesia, memajukan UMKM di negeri ini, serta membuka peluang ekspor bagi UMKM. Hal ini menegaskan komitmen BCA untuk mendukung program pemerintah untuk menciptakan 500.000 eksportir baru,” kata Freddy.

BCA mendukung penuh peran UMKM dalam misi membangkitkan perekonomian Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya BCA untuk mempercepat realisasi Tujuan Pembangunan Berlanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

“Kami harap, UMKM Fest dan sesi Business Matching menjadi salah satu cara bagi UMKM untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi global player,” tutup Freddy.