Rafi Ridwan membawa hasil karyanya menjelajah di “Mercedez-Benz El Paso Fashion Week 2017”. (Foto: BEKRAF)
Rafi Ridwan membawa hasil karyanya menjelajah di “Mercedez-Benz El Paso Fashion Week 2017”. (Foto: BEKRAF)

Jika ada anggapan bahwa “Kids Zaman Now” hanya bisa eksis dengan mengumbar kehidupan sosial mereka di akun-akun jejaring sosial, maka anggapan tersebut ditepis oleh Rafi Ridwan. Untuk kedua kalinya, desainer muda ini membawa nama Indonesia ke kancah dunia fesyen internasional. Remaja berusia 15 tahun ini membawa hasil karyanya menjelajah di “Mercedez-Benz El Paso Fashion Week 2017” yang diselenggarakan di kota El Paso, negara bagian Texas, Amerika Serikat pada 20-31 Oktober 2017.

Desainer muda ini membuktikan bahwa walaupun menjadi penyandang tuna rungu, bakat dan potensi lain yang dimilikinya dapat membawa dirinya sejajar dengan desainer dan atau brand kenamaan dari berbagai daerah di Negeri Paman Sam, seperti Florida, New Mexico, Texas, hingga Puerto Rico.

Rafi tercatat sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia yang diundang khusus oleh pihak BAZAAR Model untuk terlibat dalam “Mercedez-Benz El Paso Fashion Week 2017”.

Rafi Ridwan “berbicara” melalui koleksi rancangan ekslusifnya ‘+ALTER by Rafi Ridwan’, yang merupakan koleksi pertama Rafi dalam nuansa monokrom. Sebagian besar rancangan busana Rafi Ridwan kali ini dibuat dari bahan dasar kain tenun asal Desa Bena, Flores, Nusa Tenggara Timur, dan beberapa lainnya merupakan tenun Papua. Total baju yang dibawa untuk peragaan busana kali ini adalah 20 pieces.

Kontras warna antara hitam-putih dan abu-abu, juga potongan yang mengikuti trend masa kini sebenarnya menggambarkan keseimbangan dalam hidup. Perbedaan warna yang begitu kontras dapat selalu dipadu-padankan menjadi harmonisasi yang indah.

Koleksi +Alter sedikit banyak bercerita tentang filosofi bangsa Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Beda itu indah. Dan selalu, seperti tiap busana yang dibuat oleh Rafi terdahulu, koleksi +Alter digambar dan dijahit dengan sepenuh hati oleh sang desainer muda ini.

Mercedes Benz El Paso Fashion Week 2017 merupakan ajang peragaan busana internasional yang menghadirkan desainer dan atau brand kenamaan dari berbagai daerah di Amerika Serikat seperti desainer dan atau brand asal Florida, New Mexico, Texas, Puerto Rico, juga desainer dari negara-negara di luar Amerika seperti desainer dan atau brand asal Mexico dan Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh Mercedes-Benz USA dan BAZAAR Model ini turut melibatkan ratusan model, makeup-artist, penata rambut, salon, fashion-stylist dengan kualifikasi professional. El Paso Fashion Week adalah acara tahunan yang telah diadakan sejak tahun 2011.

Keikutsertaan Rafi Ridwan dalam “Mercedes-Benz El Paso Fashion Week 2017” merupakan undangan dari pihak BAZAAR Model yang didasari oleh pemantauan bakat dan seleksi tertutup dari pihak penyelenggara, tanpa adanya jalur pendaftaran atau seleksi.

Rafi Ridwan menjadi satu-satunya perancang busana yang mewakili Indonesia, sekaligus perancang busana termuda yang memamerkan hasil rancangan terbaiknya di ajang bergengsi tersebut.

Keberangkatan Rafi Ridwan ke ajang tersebut tak lepas dari dukungan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia, serta perusahaan jasa pengiriman Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

 

Seperti diungkapkan Triawan Munaf selaku Kepala BEKRAF, Rafi Ridwan merupakan remaja yang memiliki anugerah di bidang fesyen di balik kebutuhan khusus yang dimilikinya.

“BEKRAF turut bangga dengan prestasi yang ditorehkan di dalam maupun di luar negeri. BEKRAF merasa terhormat dapat membantu Rafi dalam meningkatkan prestasinya dan juga turut mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujar Triawan Munaf.

Hal senada disampaikan Endah Wahyu Sulistianti, selaku Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah BEKRAF. Menurut Endah, diundangnya Rafi Ridwan dalam kegiatan tersebut bukan hanya meluaskan fesyen yang dimilikinya, tapi juga membuktikan kepada dunia bahwa di balik kebutuhan khusus yang dimilikinya, Rafi memiliki kemampuan yang setaradengan desainer-desainer dunia.

“BEKRAF turut senang dan bangga telah memberikan dukungan terhadap Rafi. Semoga ke depannya Rafi dapat semakin mengharumkan nama Indonesia,” tandas Endah Wahyu Sulistianti.