Ilustrasi usaha fesyen.(Foto: Koinworks)

MNEWS.co.id – Industri fesyen lokal terus berkembang dengan makin banyaknya kehadiran berbagai jenama yang kreatif dan inovatif.

Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), pada 2022, ekonomi kreatif memberikan kontribusi 7,8% terhadap ekonomi nasional, di mana subsektor fesyen, kuliner, dan kriya menjadi penyumbang terbesar.

Kemenparekraf RI juga menjelaskan bahwa ekonomi kreatif; khususnya fashion, kuliner dan kriya; di Indonesia berpotensi menyumbang hingga 20% terhadap ekonomi kreatif global.

Untuk mendukung kemajuan para pelaku fesyen lokal, Tokopedia kembali menghadirkan program ‘Fashion Week’ yang bertujuan untuk mempromosikan dan mendukung pertumbuhan bisnis lokal melalui platform digital.

Program ini merupakan wujud komitmen Tokopedia dalam mendukung UMKM di sektor fesyen dan untuk menciptakan kontribusi industri fashion yang makin signifikan ke perekonomian dalam negeri.

Tokopedia Fashion Week 2023 merupakan kampanye tahunan Tokopedia yang menampilkan berbagai pilihan produk dari sederet brand fashion lokal.

“Tahun ini, Tokopedia Fashion Week memfasilitasi sejumlah brand fashion lokal untuk berkolaborasi dengan influencer dan menghasilkan produk eksklusif, yang hanya bisa didapatkan melalui Tokopedia,” ungkap Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam keterangan pers yang dikutip oleh MNEWS.co.id.

Selain memberikan panggung lebih luas bagi jenama lokal, Tokopedia Fashion Week juga berupaya mengakomodasi tingginya tren belanja online masyarakat akan produk fesyen.

Aldhy menjelaskan, menurut data internal Tokopedia, fashion adalah salah satu kategori produk yang paling diburu masyarakat Indonesia pada semester I 2023.

Pada semester I 2023 dibanding semester I 2022, di kategori produk fashion wanita; sepatu, atasan dan aksesoris menjadi beberapa produk paling laris. Di fashion muslim; pakaian muslim pria, dress muslim wanita dan perlengkapan ibadah menjadi beberapa produk yang paling banyak dibeli.

Di sisi lain, pada kategori fashion pria; sepatu, blazer dan jas serta batik, menjadi beberapa produk paling diburu.

Kampanye Tokopedia Fashion Week 2023 akan berlangsung hingga 16 Juli 2023. Melalui Tokopedia Fashion Week 2023, masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan produk fesyen terkurasi–baik fashion wanita, fashion muslim, modest wear dan fashion pria–khususnya dari brand fashion lokal.

Masyarakat pun bisa lebih hemat belanja online produk fesyen di Tokopedia Fashion Week 2023 karena ada flash sale mulai dari Rp7.000, diskon hingga 99% serta berbagai penawaran menarik lainnya yang hanya tersedia di Tokopedia.