Selasa, 12 April 2022 secara resmi diumumkan bahwa proyek cipta ruang kreatif (creative placemaking) Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc Medan telah dimulai. (Foto: instagram.com/posblocmedan)

Medan, MNEWS.co.id – PT Pos Properti Indonesia berkolaborasi dengan PT Ruang Kreatif Pos akan segera memulai proyek cipta ruang kreatif (creative placemaking) dengan melakukan renovasi fisik Kantor Pos Medan menjadi Pos Bloc Medan yang rencananya akan rampung dan diluncurkan pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Proyek yang diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp 5-6 miliar ini nantinya akan disulap menjadi ruang kreatif bagi anak-anak muda Medan.

Nantinya, di area gedung yang kini sudah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya tersebut akan menghadirkan banyak tenant UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya.

Setidaknya ada dua ruangan di gedung Kantor Pos Medan yang rencananya juga akan dialihfungsikan menjadi venue musik yang diberi nama Pos Bloc Live House serta M Bloc Market, toko kelontong masa kini yang menjual berbagai produk UMKM yang telah dikurasi.

Keberadaan aset-aset Pos Indonesia di seluruh Indonesia adalah salah satu kekuatan dari PT Pos Indonesia, di mana sebagiannya merupakan bangunan-bangunan heritage peninggalan kolonial Belanda.

“Memanfaatkan bangunan heritage dengan kegiatan anak-anak muda zaman kini merupakan satu keunikan tersendiri,” ungkap Direktur PT Pos Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setiowati dalam acara Jumpa Pers Pos Bloc Medan, Selasa (12/4/2022) dikutip MNEWS.co.id dari Tribun Medan.

Handriani mengatakan, dengan segala detail arsitektur bangunan yang sangat indah dikombinasikan dengan penciptaan ruang-ruang kreatif hasil karya anak muda Indonesia, maka diharapkan Pos Bloc Medan akan menjadi tempat tujuan baru anak muda untuk mengeksplorasi daya kreativitas mereka.

Direktur Utama PT Kreatif Pos Jimmy Saputro menyebutkan jika revitalisasi ini nantinya tidak akan meninggalkan identitas awal sebagai bangunan bersejarah namun akan mampu menggerakkan roda ekonomi kreatif.

Jimmy mengungkapkan jika pihaknya menyambut gembira sekaligus merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan PT Properti Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah ini menjadi ruang kreatif publik yang berjiwa kekinian namun tidak meninggalkan identitas awalnya

“Semoga Pos Bloc Medan dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Kesawan serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya Pos Bloc juga merupakan wadah pemberdayaan UKM/UMKM Indonesia yang sudah siap naik kelas. Kami membuka kesempatan lebar untuk berkolaborasi demi kesuksesan bersama,” tambahnya.

Terkait hal ini, Handoko Hendroyono selaku komisaris Pos Bloc sekaligus co-founder M Bloc Group yang juga seorang aktivis jenama lokal menekankan pentingnya etalase jenama lokal yang semakin dekat dengan ruang-ruang publik.

“Sudah saatnya berbagai jenama lokal terbaik negeri ini dipersatukan dan didukung dengan etalase yang strategis dan keren seperti Pos Bloc Medan yang terletak di jantung ibu kota Sumatera Utara,” pungkasnya.