Sahabat UMKM mengadakan kegiatan promosi dan business matching produk-produk pelaku UMKM Indonesia di Nagoya, Jepang, Minggu (26/11/2023). (Foto: Dok/Sahabat UMKM)

MNEWS.co.id – Program EKSPLORASI Sahabat UMKM resmi berlangsung di Nagoya, Jepang pada Minggu (26/11/2023). Program EKSPLORASI yang diadakan oleh Komunitas Sahabat UMKM bersama dengan ANC Japan ini merupakan kegiatan promosi dan business matching untuk membuka akses pemasaran produk UMKM Indonesia ke pasar global.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Sahabat UMKM Joanina R.N. mengatakan jika program EKSPLORASI lebih dari sekadar inisiatif dan komitmen yang dibawa oleh Komunitas Sahabat UMKM. 

EKSPLORASI diharapkan dapat menjadi panggung bagi pengrajin berbakat, desainer inovatif, dan pelaku UMKM untuk berani mencari peluang serta membawa karya-karya indah mereka ke pasar global.

“Di balik setiap kreasi yang akan Anda lihat di sini, terdapat semangat, keterampilan, dan harapan para pengusaha Indonesia untuk memamerkan produk mereka di panggung dunia. Melalui EKSPLORASI, kami mengundang Anda untuk mendukung UMKM Indonesia dalam memperluas produk mereka ke pasar internasional,” ucap Joanina saat membuka kegiatan EKSPOLARASI di Nagoya, Jepang, Minggu (26/11/2023).

Sebanyak kurang lebih 60 buyer lokal hadir di dalam kegiatan untuk melihat potensi 208 produk karya 39 UMKM Indonesia yang telah lolos kurasi dalam program EKSPLORASI.

Joanina berharap, program ini akan menjadi batu loncatan yang tidak hanya memberikan kontribusi nyata dan dampak positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi juga untuk membuka lebih banyak peluang di masa depan bagi UMKM untuk memperluas akses pasar mereka ke negara lain.

Sementara itu, Valentinus Bero perwakilan dari para buyer lokal mengatakan, kerajinan-kerajinan yang dipamerkan dalam kegiatan promosi dan business matching hari ini merupakan karya seni dan kreativitas yang selayaknya mampu bersaing di pasar internasional, khususnya Jepang.

“Semoga dengan kehadiran kita semua di sini dapat memberikan harapan besar sehingga apresiasi dan persepsi atas karya-karya para pengrajin Indonesia dapat menjadi salah satu produk yang layak untuk bersaing di Jepang,” harapnya.

Sebagai penutup, Joanina memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung terealisasinya program EKSPLORASI Sahabat UMKM, antara lain ANC Japan dan How International Travel sebagai mitra yang telah mendukung terselanggaranya persiapan acara ini di Nagoya dan juga para sponsor, antara lain PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero) melalui layanan Pos Aja.

Tak lupa Joanina juga memberikan apresiasi kepada para calon pembeli potensial yang telah hadir dalam kegiatan EKSPLORASI.

“Terima kasih atas dukungan Anda. Selamat menjelajahi keindahan dan keunikan produk UMKM Indonesia,” pungkas Joanina.