Produk ekraf UMKM Situbondo di acara AKI 2023 yang berlangsung di Pakuwon Mall Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (15/7/2023). (Foto: Dok/Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 merupakan kesempatan emas bagi UMKM Manado untuk meningkatkan kapasitas produk dan penjualan. Dengan demikian diharapkan mereka mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf kepada  27 pelaku ekraf di Manado yang menjadi finalis AKI 2023.  Pameran AKI Manado sendiri akan berlangsung pada 9-11 Agustus 2023.

AKI merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran etalase produk ekraf. Di kesempatan ini, para finalis juga memiliki ruang untuk kolaborasi antarpeserta dan memperluas pasar. 

“Kami melihat bahwa target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja ini bisa kita capai,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan ekonomi nasional pada kuartal II-2023 tumbuh sebesar 5,17 persen (yoy) yang ditopang oleh konsumsi rumah tangga. AKI yang pesertanya adalah pelaku UMKM, tentunya memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan konsumsi masyarakat melalui produk-produk yang dihadirkan. Mulai dari kuliner, kriya, fesyen dan lainnya.  

“Berkat AKI, lini pariwisata dan ekonomi kreatif menunjukkan geliat yang sangat kuat,” ujarnya.

Nantinya satu finalis terbaik AKI Manado akan berpartisipasi dalam puncak acara AKI yang berlangsung pada September bersama dengan pelaku ekraf terbaik lainnya dari 16 kabupaten/kota Indonesia.