Jakarta, MNEWS.co.id – Setelah dinanti-nanti, akhirnya McDonald’s dan grup idola BTS merilis produk menu baru yakni BTS Meal di Indonesia pada Rabu (9/6/2021). Kehadiran menu McNuggets dengan dua saus spesial disertai dengan kemasan desain khusus untuk penggemar BTS itu mendapatkan sambutan yang sangat besar di Indonesia.
Animo masyarakat yang tinggi turut berdampak pada layanan pesan antar McDonald’s di beberapa wilayah karena terlihat banyak cabang gerai restoran cepat saji ini yang tutup dan tidak dapat melakukan pemesanan lewat aplikasi seperti GrabFood dan Gofood.
Dari banyaknya minat penggemar terhadap BTS Meal, melalui e-commerce kemasan tersebut dijual dengan harga yang beragam. Dikutip dari salah satu e-commerce Indonesia, Rabu (9/6/2021), harga dari satu set kemasan BTS Meal dijual Rp159.000,-, Rp180.999,-, dan Rp200.000,-. Kemudian untuk satu brown bag dan satu cup minuman dijual seharga Rp200.000,-.
Kemudian untuk harga kemasan termahal yang dijual melalui e-commerce adalah 3 paket kemasan senilai hampir Rp600 ribu atau tepatnya Rp599 ribu.

Adapun harga asli yang diberikan oleh McDonald’s untuk satu paket menu BTS Meal sebesar Rp45.455,- untuk ukuran medium dan belum termasuk pajak. Untuk harga yang sudah terdiri dari pajak melalui drive thru senilai Rp50 ribu.
Pakar Marketing Yuswohady menilai fenomena yang baru saja terjadi disebut dengan fans marketing. Dia menjelaskan perusahaan makanan cepat saji itu memanfaatkan basis fans BTS agar produknya laris.
“Ini namanya fans marketing. McD ini mau branding dengan BTS, memanfaatkan basis fans BTS itu untuk selling,” kata Yuswohady seperti yang dikutip dari Merdeka, Jakarta, Rabu (9/6/2021).
Dalam hal ini kata Yuswohady, McDonald’s ingin memanfaatkan ikatan emosional antara para ARMY (sebutan fans BTS) dengan idolanya. Adanya kerja sama dengan melahirkan produk khusus BTS ini diharapkan bisa membuat McDonald’s kecipratan ikatan emosional yang sama dengan para ARMY.
“Kalau sebelumnya koneksi emosional ini antara ARMY dengan BTS, tapi karena BTS kawin sama McD, jadi ini diharapkan koneksinya nyambung juga ke McD,” tuturnya.
Sehingga citra yang dibangun McDonald’s yakni dengan menjadikan dirinya identik dengan Bangtan Boys. Caranya lewat produk khusus tersebut.
“Jadi ini biar McD identik sama BTS. Dimanfaatkan dengan cara produk dan paket yang beri nama BTS Meal, jadi otomatis koneksinya muncul,” kata dia.
Strategi yang digunakan untuk memasarkan produk BTS Meals ini juga dengan cara tormenting the consumer atau menyiksa pembeli. Tercermin dari produk yang dijual dengan edisi terbatas.
Artinya, kata Yuswohady ini membuat para fans BTS untuk berburu edisi khusus itu. Apalagi, pembelian produk ini hanya bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni melalui drive thru, online delivery dan order delivery berbasis aplikasi.
“Tujuannya membatasi produk ini agar eksklusif, bikin orang penasaran, karena tersedia terbatas, karena kalau gampang ini (menyepelekan),” kata dia.