IFBC Expo 2023 Bandung berlangsung di Graha Manggala Siliwangi mulai 9-11 Juni 2023. (Foto: Dok/IFBC 2023)

MNEWS.co.id – Seiring dengan meningkatnya minat berwirausaha di kalangan masyarakat, Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo (Neoexpo) kembali menggelar rangkaian pameran nasional Info Franchise and Business Concept (IFBC) 2023 di Graha Manggala Siliwangi, Bandung yang berlangsung pada 9-11 Juni 2023.

Info Franchise and Business Concept (IFBC) yang kembali digelar dengan tema “Beyond Entrepreneurship”, menjadi peluang untuk masyarakat yang berencana menjalankan bisnis dengan skema waralaba maupun kemitraan secara terbuka. 

IFBC Expo 2023 yang digelar di Kota Bandung optimis bisa menyerap invesasi lebih dari Rp1 triliun. Hal itu diungkapkan Public Relations PT Neo Expo Promosindo, Fredy Ferdianto selaku penyelenggara IFBC Expo 2023. 

Ia menerangkan, pameran yang diikuti 65 jenama waralaba peluang usaha, investasi, distributor, keagenan dan kemitraan serta penunjang bisnis itu bakal digelar selama 3 hari ke depan. 

“Hari pertama ini sudah banyak pengunjung yang datang, antusiasnya sangat baik,” jelasnya di Kota Bandung, Jumat (9/6/2023). 

Fredy menyebut, optimistis itu ditunjang dari keberhasilannya kegiatan IFBC di Jakarta yang mampu menyerap nilai investasi hingga lebih dari Rp2 triliun. 

“Optimis berkembang karena mereka menawarkan bisnis yang sudah teruji dengan SOP jelas, bahan baku jelas, support system jelas, sehingga membantu para mitra bergabung ke ekosistem bisnis mereka,” jelasnya. 

Pada penyelenggaraan IFBC tahun ke-17 dan kali ke-161 ini, selama tiga hari terdapat sejumlah acara seminar terbuka, bincang wirausaha inspiratif, kurasi produk, serta konsultasi bisnis. Pameran rangkaian nasional IFBC 2023 akan hadir di Tangerang, Bandung, Palembang, dan Surabaya. 

Dapat dijumpai sejumlah UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, Komunitas Sahabat UMKM, dan Dinas Koperasi & UKM setempat hadir memeriahkan agenda sekali dalam setahun tersebut.

Sejumlah momen berharga dijadwalkan pada Opening Ceremony IFBC 2023 Bandung pada Jumat (9/6/2023) pukul 10.00 WIB di panggung pameran.

Beberapa di antaranya pemberian cinderamata simbolis dari produk UKM hasil kurasi siap masuk pasar internasional dari komunitas Sahabat UMKM kepada Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Gubernur Jawa Barat, juga penandatanganan kerja sama antara Asosiasi Franchise Indonesia dengan Universitas Islam Bandung dan Digitech University Bandung pada program edukasi wirausaha.

IFBC memberikan apresiasi kepada para pengusaha di Jawa Barat yang telah berjuang, bertahan, dan tumbuh menginspirasi yaitu apresiasi “IFBC Jawara (Jawa Barat Juara) Wirausaha 2023” yang diberikan kepada Bolu Bakar Tunggal, Soes Merdeka, Yogya Retail Group, Wynette Group, ElZatta Fashion, dan JNC Cookies. 

Selanjutnya juga akan ada apresiasi “IFBC Social Media Star 2023” yang diberikan kepada para pelaku usaha yang memiliki Social Media Business Awareness dan interaksi yang paling baik (top most) antara lain, Erafone, Alfamart, Indomaret, Pegadaian, Ayam Gepuk Pak Gembus, Bakso Rusuk Joss, Basreng Gonjreng, dan Ramu Nostalgia.

Pameran ini akan dihadiri setidaknya 60 merek usaha waralaba, peluang usaha, investasi, distributor, keagenan, kemitraan serta penunjang bisnis untuk dapat giatkan masyarakat berwirausaha di masa endemi. Pengunjung dapat melihat berbagai penawaran menarik untuk investasi, mulai dari Rp5 jutaan hingga ratusan juta rupiah.