IFBC Expo 2022 digelar di Kota Semarang pada 22-24 Juli 2022 di UTC Convention & Hotel dengan menghadirkan setidaknya lebih dari 30 konsep franchise dan ide peluang usaha terkini.

Semarang, MNEWS.co.id – Setelah sebelumnya diadakan di Tangerang, kali ini, Pameran Rangkaian Nasional Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2022 digelar di Kota Semarang pada 22-24 Juli 2022 di UTC Convention & Hotel dengan menghadirkan setidaknya lebih dari 30 konsep franchise dan ide peluang usaha terkini.

Public Relations Neo Expo Promosindo sebagai penyelenggara acara, Fredy Ferdiyanto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Franchise Indonesia menggelar pameran franchise IFBC 2022 di Semarang sebagai salah satu upaya untuk menghadirkan solusi dan cara mudah berwirausaha.

Setelah 2 tahun pandemi menginfiltrasi ekonomi dunia, tahun ini dinilai menjadi momentum yang penting bagi wirausaha nasional Indonesia untuk melakukan “The Great Rebound” sekaligus memperkuat suatu ketahanan wirausaha.

“Konsep bisnis waralaba (franchise) banyak dipilih pemilik modal karena terbukti sustainable dan menguntungkan. Tidak hanya ragam usaha kekinian, pengunjung juga dapat mengikuti kurasi produk kerajinan dan fashion siap ekspor secara gratis,” katanya dalam rilisan pers yang diterima oleh MNEWS.co.id.

Fredy menjelaskan pameran akan dibuka dari pukul 10.00 hingga 19.00 WIB dan akan ada seminar Mengenal & Membangun Bisnis Waralaba, Jumat (22/7), Kurasi Produk Fesyen & Kriya bersama Sahabat UMKM, Sabtu (23/7), Lokakarya Peluang Bisnis Barang Import bersama Importir.org.

Pameran ini pun diadakan dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk terus mendorong munculnya wirausaha baru agar dapat mencapai target ekonomi emas pada 2045 sebanyak 4%, serta mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat mempercepat penambahan satu juta UMKM baru, khususnya pada sektor waralaba dan peluang usaha.

Kegiatan IFBC 2022 Semarang kali ini memasuki tahun rangkaian ke-16 dan merupakan rangkaian kota kedua dari 4 kota tujuan di tahun 2022, yakni; Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Jakarta.

Mengutip data dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, kinerja perekonomian selama tahun 2021 terus mengalami perbaikan tumbuh 3,69%, meningkat dari tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2.07% year on year.

Pertumbuhan waralaba di tahun 2021 tercatat ada 113 pemberi waralaba dalam negeri baru yang memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), naik 5% dari tahun sebelumnya.

“Anda pun bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian selepas pandemi ini dengan berwirausaha,” imbuhnya.

Kegiatan IFBC 2022 di Semarang juga diikuti oleh pelaku UKM lokal, antara lain Arva Kripik Tempe, Iwak Nyuzz, Eca Hanmade, Ninggara, Angelove Bakery, Kova Cake, dan Kiara Ecoprint Jepara.

Saat membuka pameran ini, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengaku sangat senang dengan adanya event seperti ini. Menurutnya, setelah lama dihantam Covid-19, maka kini saatnya ekonomi bangkit.

“Sehingga ekonomi tumbuh, meningkatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Misal mau berwirausaha, di sini tempatnya mencari referensi yang pas,” ujar Taj Yasin.