Aslanbek Shymbergenov, atlet tinju Asian Games 2018 asal Kazakhstan saat berbelanja di Smesco Indonesia, Selasa (28/8/18). Foto: (doc/KemenkopUKM)
Aslanbek Shymbergenov, atlet tinju Asian Games 2018 asal Kazakhstan saat berbelanja di Smesco Indonesia, Selasa (28/8/18). Foto: (doc/KemenkopUKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tidak sedikit atlet dan official Asian Games yang berburu produk-produk UMKM khas Indonesia sebagai buah tangan. Salah satunya di Gedung Smesco Indonesia yang menjadi salah satu destinasi wisata belanja terus dikunjungi tamu dari berbagai negara peserta Asian Games.  

Dua tamu dari Kazakhstan datang sekitar pukul 12.00 WIB. Mereka adalah atlet tinju bernama Aslanbek Shymbergenov yang didampingi official-nya. Mereka tampak antusias mengamati produk-produk UMKM yang tersedia di lantai satu gedung Smesco.

Salah satu produk kerajinan yang menarik perhatiannya adalah syal motif abstrak dari Kalimantan Utara. Dengan gembira, Ia memborong 5 buah syal seharga Rp 825 ribu untuk diberikan kepada istrinya. Ia mengaku senang bisa membeli produk berkualitas yang unik dan menjadi ciri khas budaya Indonesia.

“Saya kesini ingin mencari oleh-oleh buat istri dan anak. Saya berharap istri saya senang. Dan kami berjanji akan datang lagi kesini (Smesco),” ujar Aslanbek di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Selasa (28/8/18).

Gelaran Asian Games 2018 ternyata sanggup mendongkrak omzet penjualan produk-produk UMKM di Smesco Indonesia. Tak pelak, omzet pun meningkat hingga 110 persen. Momen ini menjadi peluang emas bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan karyanya secara global.