Ilustrasi. Foto: Elmhurst College.
Ilustrasi. Foto: Elmhurst College.

Jakarta, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 2- 4 Mei 2019 di Bangka Belitung. Tiga isu utama akan menjadi pembahasan pada Rakornas tersebut, yakni penyusunan rencana strategis RPJMN 2020–2024, peningkatan teknologi informasi untuk layanan birokrasi dan pembangunan kompetensi sumber daya manusia. Serta tak ketinggalan, peningkatan potensi UKM dan pariwisata daerah.

“Tiga topik tersebut menjadi agenda utama dalam Rakornas juga melakukan koordinasi dan sinergi terhadap kegiatan atau program yang telah dilakukan selama ini,” kata Plt Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan, Kamis (25/4).

Rakornas dengan tema Sinergitas Program dan Kegiatan Pusat dengan Daerah dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga.

Para Kepala Dinas Koperasi dan UKM tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia dan para tamu undangan akan hadir dengan jumlah peserta yang hadir diperkirakan 1.500 orang. 

Rully menjelaskan tema revolusi industri 4.0 yang sedang berkembang saat ini di mana teknologi informsi menjadi titik penting, harus dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan birokrasi kepada masyarakat. Melalui teknologi, layanan kepada masyarakat lebih cepat, efisien, murah dan sederhana. 

Ia menegaskan jika layanan birokrasi makin mudah, cepat dan efisien akan menciptakan kemudahan berusaha, kegiatan usaha makin besar dan dampaknya penghasilan masyarakat meningkat yang ujungnya juga penerimaan pajak akan naik.

“Kalau bisa dilakukan online mulai dari pelayanan, perizinan dan lain sebagainya dengan demikian ke depan tidak perlu lagi pusat diklat, kalau bisa distance learning.  Kita harap dinamika revolusi industri 4.0 terakomodasi bersama di pusat dan daerah,” kata Rully.

Menyadari infrastruktur di semua daerah belum merata, Rully menegaskan hal ini yang harus dipecahkan bersama. Ada daerah yang jaringan infrastruktur teknologinya sudah bagus tapi masih ada yang tertinggal. Namun, momentum perkembangan teknologi harus digunakan untuk kepentingan bersama.

Pada Rakornas tersebut, Menteri Puspayoga akan memberikan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah dan tokoh yang memberikan dukungan sehingga aktivitas koperasi dan UKM berjalan cepat.

Rully mengemukakan, Gubernur Bangka Belitung sangat antusias dengan pelaksanaan Rakornas koperasi dan UKM di daerahnya. Pertemuan itu diharapkan akan mengenalkan potensi wisata dan UKM di daerahnya. Lebih jauh lagi, apresiasi potensi UKM dan wisata antar daerah akan dilakukan pada rakornas nanti.