Pertamina berpartisipasi aktif dalam Nias Wonderful Expo di lapangan Orurusa, Teluk Dalam.  (Foto: Dok Pertamina)
Pertamina berpartisipasi aktif dalam Nias Wonderful Expo di lapangan Orurusa, Teluk Dalam.  (Foto: Dok Pertamina)

Teluk Dalam, MNEWS.co.id – Pertamina mendukung terselenggaranya Sail Nias 2019 yang diadakan pada 11 hingga 14 September 2019. Selain memberikan dukungan dana, Pertamina juga terlibat aktif dalam Nias Wonderful Expo di lapangan Orurusa, Teluk Dalam. Dalam pameran ini, Pertamina MOR I menampilkan lima pembina usaha kecil menengah (UKM) yang merupakan mitra binaannya di antaranya adalah Temas Coffee dari Aceh, Ambun Suri dari Sumatera Barat, dan Empat Bersaudara Jaya dari Sumatera Utara.

“Sail Nias adalah ajang kemaritiman bertaraf internasional yang diselenggarakan secara sinergi bersama Kemenko Kemaritiman, Kemenkumham dan Kemen BUMN. Pertamina sebagai BUMN milik bangsa, bangga dapat mendukung Sail Nias 2019” ujar Agustinus Santanu Basuki, General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I saat acara puncak Sail Nias pada Sabtu (14/09/19).

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi menyempatkan mampir ke anjungan Pertamina MOR I. Didampingi Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan forkopimda, mereka memborong produk-produk mitra binaan Pertamina MOR I. “Sepatu kulitnya kualitas luar negeri, tapi produk Indonesia. Cintailah produk Indonesia,” kata Hilarius ketika membeli sepatu buatan Empat Bersaudara Jaya.

“Saya bangga dengan UMKM binaan Pertamina. Produknya tidak kalah saing dengan kualitas produk luar negeri,” kata Taufik Madjid selaku Dirjen Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa Transmigrasi dan Daerah Tertinggal.

Selain itu, Pertamina juga mendirikan anjungan produk-produk BBM, pelumas dan elpiji berkualitas di pelabuhan Teluk Dalam. Menampilkan Pertamax, Fastron, Bright Gas dan aplikasi MyPertamina serta LinkAja. Warga tampak antusias mengunjungi anjungan Pertamina.

Di sisi lain, untuk meningkatkan layanan saat ini Pertamina tengah membangun satu SPBE di Gunung Sitoli, Nias. Pulau Nias memang baru Maret tahun ini secara bertahap dilaksanakan konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg. Dengan hadirnya SPBE, diharapkan akan dapat menurunkan harga eceran tertinggi (HET) elpiji 3 kg. “Pertamina sebagai BUMN milik bangsa, bangga dapat mendukung Sail Nias 2019,” ujar Agustinus.