APJI menggelar Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga bertaraf internasional di Bali pada tanggal 13-15 September 2019 (Foto : Dok. NusaBali.com)
APJI menggelar Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga bertaraf internasional di Bali pada tanggal 13-15 September 2019 (Foto : Dok. NusaBali.com)

Denpasar, MNEWS.co.id – Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) menggelar Festival Jajan Pasar dan Pameran Industri Jasa Boga bertaraf internasional di Bali pada tanggal 13-15 September 2019. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Provinsi Bali, I Putu Astawa, di lokasi objek wisata pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Jumat (13/9/2019) petang.

Siti Radarwati, Ketua Panitia Rakernas APJI V/2019 dan Artfoodfestapji, menjelaskan melalui agenda ini diharapkan akan mempercepat pengenalan kuliner dan produk jasa boga Indonesia di mata masyarakat dunia. Karena Bali itu pintu gerbang dan jendela dunia serta beragam etnis dan suku bangsa ada di Bali. Animo peserta terhadap acara tersebut sangat tinggi. Terbukti semua gerai dalam arena Artfoodfestapji sudah terisi penuh.

Artfoodfestapji ini digelar di atas lahan seluas 8.700 meter persegi dengan 130 booth yang dibagi beberapa zona. Yakni zona industri, zona fashion, art and beauty, zona F&B yang di dalamnya terdapat area khusus untuk vegetarian, organic dan healthy food.

Pengunjung juga bisa menikmati beragam industri kreatif dalam zona milenial, seperti body and face painting, hiburan dan lainnya yang sedang berkembang saat ini. Selain itu, ada pula beberapa pelatihan langsung yaitu, Keamanan Pangan oleh Aerofood (ACS), Star Up Business oleh  Fatma Bahalwan dan Gapura Digital Google, Training Fruit and Vegetable Carving oleh Kitchen Artist I Ketut Suaryana, Training Chocolate Pralin oleh Ketua Indonesia Pastry Alliance (IPA) Bali Chef Agus Suama, Master Class Barista oleh Indolakto, dan Master Class Cooking oleh Chef Vindex Tengker.

Artfoodfestapji juga menyelenggarakan beberapa lomba, seperti Lomba Jajan Pasar yang didukung oleh Rose Brand, Kompetisi Barista: Latte Art didukung oleh Indomilk, Flaire Competition didukung oleh Vibe. Ada juga Lomba Masak dalam Bambu, Membuat Masakan Nusantara, dan lainnya. APJI akan memamerkan kekhasan kuliner dan budaya yang diikuti perwakilan negara sahabat yaitu Kerajaan Thailand yang akan memamerkan kuliner kekhasan negaranya. “Diharapkan 10 ribu pengunjung menghadiri gelaran yang akan menjadi program tahunan APJI di Bali ini,” katanya.