Kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara Diikuti 100 UMKM. (Foto : Dok. Kotasubang.com )
Kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara Diikuti 100 UMKM. (Foto : Dok. Kotasubang.com )

Sukabumi, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Sukabumi ingin mempromosikan produk hasil pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal agar semakin dikenal luas hingga pasar global. Hal tersebut disampaikan oleh Achmad Fahmi, Wali Kota Sukabumi, dalam acara Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara tahun 2019 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Sabtu (21/9/19). 

”Upaya promosi produk UMKM lokal terus digenjot termasuk sinergis dengan program provinsi,” kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Salah satunya adalah dengan mendukung kegiatan gelar produk UMKM Juara yang digagas Pemprov Jabar.

Fahmi mengatakan sektor UMKM semakin menunjukkan kekuatan dari segi regulasi dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kota atau kabupaten. Sejak lima tahun lalu, Kota Sukabumi menyatakan tidak akan memberikan izin lagi untuk minimarket atau waralaba.

Nantinya, pemkot ingin koperasi di tingkat kecamatan dan kelurahan yang didukung menjadi pusat bisnis di tingkat kelurahan. “Bila melihat kilas balik perjalanan sejarah, pada 1998 terjadi krisis ekonomi dan merasakan benar kondisi ekonomi secara nasional terpuruk seperti industri,” ujar Fahmi.

Dirinya juga menambahkan bahwa salah satu kekuatan ekonomi Indonesia yang bertahan saat ini adalah sektor UMKM. Pihaknya selalu memberikan dukungan kepada UMKM seperti mengadakan pelatihan media sosial.

Pelatihan ini bertujuan agar UMKM dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi. Dari data yang ada, pelaku usaha di Sukabumi sudah ada sebanyak 18 ribu UMKM, namun belum dilakukan pemilahan kondisinya hingga saat ini.

Kegiatan Gelar Produk dan Temu Bisinis UMKM Juara 2019 ini diadakan di lokasi wisata Lembah Gunung Kujang, Cijambe, Rabu (11/9/19) dan menghadirkan 100 UMKM Kabupaten Subang. UMKM yang terlibat berasal dari pelaku usaha di bidang fashion, makanan dan handycraft yang berasal dari berbagai daerah di Subang.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM (DISKUK) Provinsi Jawa Barat dan Dinas Koperasi, UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang tersebut dibuka oleh Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Yuana Setyowati. Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Subang beserta jajarannya, Sekretaris DISKUK Jabar serta para pendamping UMKM Juara dan pendamping PLUT KUMKM Subang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here