Pelatihan pembuatan kerajian kain perca oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Sidoarjo. Foto: Antara
Pelatihan pembuatan kerajian kain perca oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemkab Sidoarjo. Foto: Antara

Sidoarjo, MNEWS.co.id – Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur memberikan pelatihan kepada warga Desa Lajuk, Kecamatan Porong tentang pembuatan kerajinan berbahan dasar kain perca sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan masyarakat desa.

Staf Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo, Devi Darmayanti, mengatakan jika pelatihan pembuatan kerajinan kain perca dilakukan karena selama ini kain perca dianggap sebagai limbah yang kurang bermanfaat.

“Padahal jika dikerjakan dengan serius, secara bermanfaat menjadi berbagai aksesoris seperti tas dan juga dompet yang bisa bernilai ekonomis tinggi,” kata Devi.

Ia mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan ini untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat kepada masyarakat desa untuk bisa memulai sebuah usaha baru. “Dengan demikian diharapkan akan bisa menambah penghasilan bagi ibu-ibu desa,” katanya.

Devi menjelaskan jika setelah pelatihan pihaknya akan mengikutkan para peserta ini ke dalam program wirausaha melalui kelas-kelas pelatihan.

“Dari situ akan kami klasifikasikan berdasarkan minat yang mereka tekuni dan sukai. Sehingga akan memunculkan wirausaha baru dengan tingkat inovasi tinggi,” ujar Devi.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Koriah, mengaku sangat senang sekali dengan kegiatan pelatihan yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, karena peserta pelatihan dapat memanfaatkan kain perca tersebut.

“Dan ini akan bisa menambah pendapatan bagi keluarga,” kata Koriah.

Dipilihnya kain perca sebagai media pelatihan menurut Devi dikarenakan kain perca memiliki kode etnik, dan selain itu juga bermanfaat jika dilihat dari sisi seni.

“Kami mencoba memadukan seni dari kain perca ini dengan produk lokal yang ada. Misalnya, tas belanja yang selama ini kurang dinikmati oleh kaum milenial apabila dipadukan dengan seni tempel kain perca tentu akan terlihat sangat modern dan pastinya akan menaikkan nilai ekonomis yang sangat tinggi,” pungkas Devi.