Ilustrasi. Foto: Pexels.
Ilustrasi. Foto: Pexels.

Jakarta, MNEWS.co.id – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya kaum perempuan ternyata memiliki peranan penting dalam mensukseskan bisnis, terutama memutar roda perekonomian bangsa. Indonesia Global Compact Network (IGCN) bersama Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan Womenpreneur Community baru-baru ini mengajak pelaku usaha perempuan untuk meningkatkan usahanya lewat program IGCN Business Matchmaking.

Dalam program tersebut, para pelaku usaha perempuan memperoleh pembekalan terkait UMKM dengan tema ‘Perempuan Indonesia: Menuju Pemberdaya Ekonomi Bangsa’, dan mempertemukan dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Pembekalan dan perkenalan bisnis menjadi bagian dari strategi pemasaran yang bisa meningkatkan usaha serta daya saing para pelaku usaha perempuan. Nantinya, pelaku usaha perempuan bisa lebih memaksimalkan potensinya dan memberikan manfaat lebih banyak lewat dunia bisnis.

“Memberdayakan perempuan dalam usaha seharusnya tidak dilihat sebagai sebuah kewajiban, tetapi bagaimana pelaku usaha dapat menjadikannya sebagai bagian dari strategi yang mendukung usaha dalam kegiatan inti dan rantai pasokan masing-masing. Perempuan yang telah berdaya diyakini dapat memberikan manfaat lebih banyak kepada bisnis,” ujar Executive Director IGCN Josephine Satyono, di gedung PPM Manajemen, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Program IGCN Business Matchmaking dilakukan untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dari PBB (United Nations) nomor 5, yaitu kesetaraan gender, serta sebagai wadah untuk mempromosikan dan mengimplementasikan 10 prinsip UN Global Compact.

Selanjutnya, on on one meeting antara UKM dengan perusahaan besar diadakan sebagai puncak acara. Pada tahun ini, tercatat 29 UKM perempuan terlibat dalam IGCN Business Matchmaking. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka peluang bagi UKM perempuan untuk dapat berhubungan dengan perusahaan besar, sehingga perusahaan besar dapat melibatkan perempuan dalam rantai pasok perusahaan.

IGCN Business Matchmaking merupakan salah satu kegiatan yang dijalankan IGCN untuk mempercepat pencapaian agenda tujuan pembangunan berkelanjutan hingga 2030.

Sumber: Warta Ekonomi