Batik koleksi Museum Tekstil Jakarta dipamerkan di SQ Res Jakarta Selatan. (Foto: Beritasatu)
Batik koleksi Museum Tekstil Jakarta dipamerkan di SQ Res Jakarta Selatan. (Foto: Beritasatu)

Jakarta, MNEWS.co.id – Proyek pengembangan apartemen PT Intiland Development TBK menjalin kolaborasi dengan museum tekstil Jakarta dalam menggelar rangkaian kegiatan bertema ‘Batik dan Wastra Indonesia’.

Kegiatan ini meliputi acara pameran, Talkshow, bazzar dan workshop tentang batik dan kain tradisional khas Indonesia. Acara ini digelar selama tiga hari, dari 25-27 Oktober 2019 di SQ Res Gallery, South Quarter, Jakarta Selatan.

Direktur Pemasaran Korporat Intiland, Susan Pranata menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan apresiasi Intiland dalam mendukung kelestarian budaya, kesenian dan kerajinan Indonesia. Intiland bangga bisa berkolaborasi dengan Museum Tekstil Jakarta untuk menghadirkan kegiatan bertajuk ‘Merajut Nusantara’ ini kepada masyarakat luas.

“Batik dan kain tradional atau kerap disebut wastra adalah salah satu bagian terpenting dari perjalanan sejarah dan budaya nusantara yang terdiri dari banyak suku. Kegiatan ini bagus sekali untuk membangun kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap kekayaan budaya Indonesia dan mewariskannya hingga generasi mendatang,” ungkap Susan Pranata.

Wujud kecintaan dan apresiasi terhadap batik juga diwujudkan Intiland dengan menerapkannya pada karya properti. Salah satunya yakni penggunaan motif batik sebagai ornamen atap kubah di SQ Dome, Jakarta Selatan.

Atap kubah yang ini terbuat dari sejenis membran ringan dan unik karena transparan dan tembus cahaya. Atap kubah yang berbentuk menyerupai balon ini dihiasi dengan ornamen batik Cirebon bermotif Mega Mendung sehingga terlihat sangat unik dan menarik .

“Penerapan ini membuat SQ Dome sukses memadukan antara desain modern dengan budaya tradisional Indonesia. Ini sejalan dengan acara pameran batik dan wastra yang dijalankan ini,” ungkap Susan.

Lewat acara ini, masyarakat diharapkan bisa lebih mengenal Museum Tekstil Jakarta, bukan hanya pada acara ini, namun bisa langsung berkunjung ke Museum yang berada di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Masyarakat bisa melihat beragam hasil kerajinan tekstil, selain batik dan wastra yang saat ini telah banyak dijumpai masyarakat di pasar tradisional maupun modern. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here