VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan dan Ketua Umum IWAPI Nita Yudi dalam acara Penandatanganan Kerja Sama Moka dan IWAPI untuk Memajukan Ribuan Womenpreneur Indonesia. Foto: Moka.
VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan dan Ketua Umum IWAPI Nita Yudi dalam acara Penandatanganan Kerja Sama Moka dan IWAPI untuk Memajukan Ribuan Womenpreneur Indonesia. Foto: Moka.

Jakarta, MNEWS.co.id – Moka, startup penyedia sistem kasir digital Indonesia mengajak Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Pusat (IWAPI) untuk memajukan lebih dari 30.000 pengusaha wanita di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama ini diumumkan pada acara wadah edukasi pebisnis UMKM, A Cup of Moka (ACOM) edisi spesial International Woman’s Day, di Jakarta yang menghadirkan runtutan acara khusus untuk pengusaha wanita bersama dengan pembicara ternama. Penandatanganan kerjasama ini berfokus pada dua lingkup utama, yaitu pemanfaatan solusi operasional dan edukasi bisnis kreatif bagi seluruh UMKM di bawah naungan IWAPI.

Moka dan IWAPI menjalin kerja sama untuk memfasilitasi pelaku UMKM di bawah naungan IWAPI dalam dua lingkup utama, yaitu melalui produk Moka point of sales (POS) dan program edukasi bisnis kreatif. Produk Moka POS yaitu pemanfaatan solusi operasional melalui teknologi real-time agar pelaku usahsa dapat menjalankan bisnisnya sehari-hari dengan lebih efisien, serta program edukasi bisnis kreatif yang akan berfokus untuk meningkatkan inovasi para womenpreneur.

Program edukasi bisnis ini meliputi seminar successpreneur, yaitu seminar yang akan mengundang beberapa panelis sebagai sumber inspiratif, serta creative workshop yang menitikberatkan pada pelatihan praktikal langsung untuk keahlian berbisnis seperti sosial media dan digital branding untuk UMKM.

Selain itu, akan dilaksanakan juga program roadshow belajar langsung dengan merchant Moka ternama untuk mengetahui bagaimana cara mereka menangani bisnisnya mulai dari sisi strategi sampai dengan operasional. Fokus kerja sama diantara kedua entitas ini berlandaskan pada kesamaan visi untuk memberikan dorongan berupa edukasi kepada pengusaha wanita agar terus berinovasi dan meningkatkan daya saingnya, terutama dengan mengandalkan teknologi. \

Berdasarkan data World Bank, pengusaha wanita di Indonesia menyumbang 9,1 persen dari total PDB pada 2017 atau mampu menyumbang sampai dengan 100 Milyar Dolar. Kini, pengusaha wanita memiliki 43% dari total Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Moka bersama dengan IWAPI menargetkan akan memfasilitasi hingga lebih dari 3.000 womenpreneur di bawah naungan IWAPI skala nasional di sepanjang tahun 2019 ini.

Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi, mengharapkan inisiatif ini dapat meningkatkan kualitas pengusaha wanita dalam berbisnis.

“Dengan Moka selaku startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, kami berharap dapat bersinergi untuk memberdayakan dan memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran, dan keuangan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan menjelaskan bahwa kontribusi womenpreneur di Indonesia tidaklah kecil. Menurut data IFC World Bank, walaupun waktu dan sumber daya wanita dalam berbisnis kadang terbatasi karena peran gandanya yang memiliki lebih dari satu tanggung jawab, jumlah pengusaha wanita (sebanyak 16%) lebih menghasilkan keuntungan bisnis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria (14%).

“Kami di Moka percaya bahwa solusi teknologi dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha wanita di Indonesia. Dengan menciptakan dukungan ekosistem yang sesuai untuk para womenpreneur melalui teknologi, tidak hanya bertahan, bisnis juga dapat terus berkembang dan bersaing seutuhnya,” ujarnya.

Tidak hanya pengukuhan kerja sama antara Moka dan IWAPI, rangkaian acara A Cup of Moka (ACOM) dalam memperingati Hari Wanita Sedunia di tahun 2019 ini diisi dengan berbagai kegiatan inspiratif yang juga dihadiri oleh para pelaku bisnis wanita yang ingin belajar langsung dengan ahlinya. Panelis ternama dalam bidangnya turut membagi pengalaman dan tips bisnis diantaranya, Deputi CEO Fore Coffee – Elisa Sutedja, Founder Buumi Playscape – Erica, Owner Haimimo – Desta Rissasanti, Owner MadForMakeup – Dr. Shirley Oslan, dan ditutup dengan cooking class oleh Putri Habibie, influencer Indonesia di dunia masak.

Acara A Cup of Moka kali ini mendapat dukungan dari DBS Indonesia, PT. Pegadaian (Persero), dan juga Revu Indonesia. Diharapkan dengan memperingati Hari Wanita Sedunia bersama Moka, para pengusaha wanita dapat terus terinspirasi untuk mengembangkan dirinya dalam berkreasi dan berinovasi dengan teknologi.