Kopi Lada dengan jenama KOLA-N, produk kreatif para UMKM di Desa Nibung, Rabu (3/7/2019). (Foto: ANTARA/Ahmadi/am)
Kopi Lada dengan jenama KOLA-N, produk kreatif para UMKM di Desa Nibung, Rabu (3/7/2019). (Foto: ANTARA/Ahmadi/am)

Babel, MNEWS.co.id – Pelaku UMKM di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan produk minuman yang bahan bakunya berasal dari kopi dan lada.

“Ini produk kreatif baru yang kami ciptakan dengan komposisi buah lada dan biji kopi dengan cita rasa yang berbeda,” ucap Kepala Desa Nibung, Roni Fahrizal di Koba, Rabu (3/7/2019).

Roni menjelaskan, produk kopi-lada dengan jenama KOLA-N yang diproduksi ada dua varian, yakni menggunakan krimer dan original dengan cita rasa berbeda yaitu perpaduan lada dan biji kopi.

“Kami melakukan pemasaran melalui Bumdes, namum yang jadi kendala kami adalah masih terbatasnya bahan baku sehingga produksinya juga terbatas,” jelasnya.

Ia mengatakan, KOLA-N merupakan produk kreatif yang diciptakan para pelaku UMKM di bawah binaan desa dan dipasarkan melalui Bumdes.

“Produk kreatif ini kami ciptakan untuk menyiasati anjloknya harga lada, sehingga harus berpikir untuk mengembangkan produk hilir komunitas ekspor itu,” ujarnya seperti yang dikutip dari rilisan berita Antara.

Kepala Desa Nibung itu mengatakan, pemerintah desa akan terus berupaya mengembangkan pasar kopi lada tersebut hingga ke luar provinsi.

“Sekarang pemasarannya masih dalam daerah, target kami menembus pasar nasional dan bahkan pasar internasional,” pungkasnya.