Bintang Puspayoga dalam acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, Kamis (24/1/2019). Foto: Kemenkop.
Bintang Puspayoga dalam acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, Kamis (24/1/2019). Foto: Kemenkop.

Tarakan, MNEWS.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Tim Penggerak PKK tengah menggiatkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Utara (Kaltara).

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga, mengatakan kegiatan sinergi Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan TP PKK di Kaltara dalam rangka pembinaan dan pengembangan UKM khususnya perajin di Kaltara.

“Kami menyadari bahwa perajin umumnya adalah pelaku usaha mikro memiliki keterbatasan dalam berbagai aspek terutama dalam hal pemasaran, permodalan, manajemen, peningkatan mutu produk, maupun pemanfaatan teknologi dan informasi maka kegiatan sinergi ini merupakan kegiatan pembekalan guna memperkuat para perajin dan UKM,” ujar Bintang dalam acara Sinergi Program Kegiatan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dekranas dan Tim Penggerak PKK, Kamis (24/1/2019), dilansir dari siaran pers Kementerian Koperasi dan UKM.

Pada kesempatan itu, sejumlah kegiatan dilaksanakan meliputi sosialisasi program LPDB KUMKM, pelatihan vocational, pelatihan perkoperasian, pelatihan kewirausahaan nasional, pelatihan pelaku UKM produk daerah, dan peningkatan standarisasi mutu dan sertifikasi produk.

Pelatihan, kata dia, diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan, mengembangkan diversifikasi produk-produk, mencetak kader-kader wirausaha baru, menghasilkan pengelola-pengelola koperasi yang andal, dan menambah pemahaman peserta mengenai akses permodalan permodalan dan pengajuan pinjaman LPDB KUMKM.

“Kami berharap sinergi ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan perajin dan UMKM di Provinsi Kaltara,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, diserahkan secara simbolis sertifikat HAKI, KUR untuk nondebitur dan modal awal kepada 10 wirausaha pemula.

Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla didampingi oleh Bintang Puspayoga dan jajaran pengurus Dekranas yang lain kemudian meninjau pameran kerajinan khas Kaltara di Balai Adat Tidung dan Budaya Kota Tarakan sekaligus berdialog dengan para pelaku UMKM dan perajin setempat.

Para perajin umumnya mengungkapkan keinginannya untuk bisa difasilitasi berpameran di ibu kota atau pun bisa menjadi salah satu UKM binaan Smesco Indonesia yang produknya bisa dipajang dan dipasarkan melalui Smesco Indonesia.