Ilustrasi Young Entrepreneur. Foto: google.com
Ilustrasi Young Entrepreneur. Foto: google.com

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemuda berpotensi menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Hal ini diyakini oleh Kemenpora yang tengah menyelenggarakan Pelatihan Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda 2018, Batch ke-6.

 “Secara konsep teori bahwa eksistensi wirausaha ini kreatif menciptakan aktivitas-aktivitas ekonomi itu akan memberikan dampak seperti lapangan kerja. Dari situ, kita bisa melihat konseptualnya peran wirausaha itu meng-create pekerjaan, aktivitas ekonomi dan menyerap lapangan kerja. Kalau menyerap lapangan pekerjaan tentu efek ke depannya juga akan menciptakan kesejahteraan di lingkungan sekitarnya maupun untuk dirinya sendiri,” jelas Imam Gunawan, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, di Ruang Teater Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Selasa (7/8/18).

Lebih lanjut Imam berharap agar daya kreativitas pemuda dan juga motivasi berwirausahanya semakin kuat. Kegiatan yang dilangsungkan Kemenpora ini diharapkan akan menginisiasi berbagai prakarsa bisnis di berbagai sektor.

“Tapi kami yakin bahwa keberadaan mereka sangat berdampak kepada penciptaan lapangan tenaga kerja dan kalau ditarik ke belakang, maka kesejahteraan masyarakat akan terbangun,” pungkasnya.

Program Kewirausahaan Pemuda merupakan program prioritas dalam mendukung program nasional dalam rangka pencapaian satu juta wirausaha baru. Kemenpora bekerjasama dengan Asosiasi Penulis dan Inspirator Seluruh Indonesia (ASPIRASI), Sahabat UMKM, Bank Mahasiswa dan sedang menjajaki kerja sama dengan Livelife Indonesia.

Selain itu, Kemenpora bersama Sahabat UMKM telah melakukan kurasi produk hasil peserta Pelatihan Batch 1-4. Pola ini juga akan dilakukan untuk seleksi tahap akhir Pelatihan.

Nantinya, hal Ini untuk mengisi bazar atau event dalam rangka menyukseskan Asian Games. Lebih jauh, sebanyak 17 peserta potensial dari pelatihan batch 1-4 diberikan kesempatan untuk mengakses fasilitasi pendirian legalitas badan usaha.

Peserta kegiatan tidak hanya berasal dari wilayah Jabodetabek saja, peserta juga berasal dari Bandung dan Yogyakarta. Kegiatan Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda sebelumnya telah berjalan lima angkatan dari total delapan angkatan. Di akhir tahapan peserta potensial akan diberikan kesempatan untuk mengakses permodalan sebesar Rp 15 juta rupiah.

Sampai dengan hari ini, jumlah pendaftar telah menapai lebih dari 2.500 orang. Menimbang banyaknya jumlah peminat kegiatan ini, Kemenpora akan menyelenggarakan program yang sama tentunya dengan menggandeng lebih banyak lagi mitra kerja sama yang memiliki semangat dan fokus untuk memajukan Kewirausahaan Pemuda.

Sumber: Beritasatu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here