Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai mengikuti Senam bersama masyarakat di lapangan Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang. (Foto: Humas Serang)
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai mengikuti Senam bersama masyarakat di lapangan Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang. (Foto: Humas Serang)

Serang, MNEWS.co.id –  Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah  meminta kepada masyarakat  agar bisa membangun  usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Serang secara mandiri, sehingga diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan membuka peluang pekerjaan bagi warganya. 

“Kami menyambut baik dengan adanya UMKM disini yang bisa membantu perekonomian masyarakat secara perlahan,” kata Tatu.
 
Tatu menjelaskan Pemkab Serang saat ini juga melakukan berbagai program dan kegiatan nyata dibidang ketenagakerjaan, yang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) serang, dan Balai Latihan Kerja Bandung sebagai alternatif untuk meningkatkan skill dan ekonomi masyarakat. 

“Melalui program yang dilaksanakan berdampak penurunan pada penganggguran, dari 13 persen menjadi 12,78 persen,” kata Tatu

Pemerintah Kabupaten Serang terus berupaya untuk meningkatkan skala ekonomi masyarakat melalui program prioritas yang diusung Bupati Serang dalam bidang pendidikan dan ketenagakerjaan. 

Menurutnya, Pemkab Serang selalu mendorong agar warganya mendapat pendidikan yang layak melalui  program beasiswa yang disediakan untuk siswa berprestasi dan tidak mampu.  “Kami ingin anak-anak di Kecamatan Kopo mendapat pendidikan hingga ke jenjang akhir,” ungkapnya.

Tatu menilai melalui  pendidikan yang layak, berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat untuk mempermudah memiliki pengalaman dan ilmu yang bisa digunakan setelah lulus sekolah.  “Kalau sudah pinter, perusahaan besar juga yang akan minta Kita buat bekerja, bukan sebaliknya atau bisa juga setelah lulus wirausaha,” katanya.

Pemkab Serang  juga berhasil memberikan kesempatakan kepada pemuda untuk mengikuti pelatihan kerja sebagai fasilitas peningkatan skill masyarakat. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk masyarakat agar bisa mengikuti pelatihan tersebut, dan bisa langsung menghubungi dinas terkait untuk mekanismenya.

Dalam kegiatan tersebut Tatu juga mengapresiasi antusiasme  masyarakat yang melaksanakan event senam bersama sebagai upaya  menjaga kesehatan masyarakat Kopo. “Dari kegiatan ini juga salah satu untuk mengubah pola kesehatan masyarakat, melalui olahraga yang teratur dan menjaga lingkungan yang bersih dan aman,” kata Tatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here