Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di perayaan Hari Jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Wonogiri, Minggu (25/8/2019). (Foto: keuangan.co)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di perayaan Hari Jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Wonogiri, Minggu (25/8/2019). (Foto: keuangan.co)

Wonogiri, MNEWS.co.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendorong agar produk-produk unggulan dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Tengah memiliki kualitas ekspor dan mampu bersaing secara global.

“Pemerintah akan terus melakukan pendampingan agar produk-produk unggulan UMKM bisa menembus pasar dunia,” kata Ganjar di sela gelaran Pesta Rakyat dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-69 Provinsi Jawa Tengah yang dipusatkan di Kabupaten Wonogiri, Minggu (25/8/2019).

Ganjar optimis semua produk unggulan di Jawa Tengah itu laku dan sanggup bersaing di pasar internasional. Ia bahkan menyebut jika banyak produk UMKM Jawa Tengah yang sekarang naik kelas dan semakin tahun makin kelihatan kemajuannya.

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai menyaksikan ribuan produk UMKM dari 35 kabupaten/kota yang dipamerkan di GOR Giri Mandala. Ia berpesan agar semua pelaku UMKM harus terus berkarya dan menghasilkan produk-produk berkualitas yang mampu menembus pasar ekspor.

“Saya berharap dalam perayaan tahun depan, ada stan khusus yang menampilkan produk-produk yang sudah ekspor,” ujarnya. Ganjar mengaku tertarik dengan produk talenan dari kayu pinus yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi.

“Melalui pameran ini Saya harapkan menjadi tempat belajar bersama agar semua produk unggulan Jawa Tengah bisa berkualitas ekspor. Pendampingan dan pelatihan akan terus kami lakukan, namum para pelaku UMKM juga harus memiliki semangat untuk mewujudkan target itu,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here