Menkominfo Rudiantara saat menghadiri peluncuran Shopee
Menkominfo Rudiantara saat menghadiri peluncuran Shopee "Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global" di Jakarta, Kamis (21/3/2019). Foto: Antara News/Maria Cicilia Galuh

Jakarta, MNEWS.co.id – Platform belanja daring, Shopee, menyiapkan pegiat-pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengekspor produk-produk lokal mereka melalui kanal “Kreasi Nusantara” pada akhir tahun ini.

“Targetnya tahun ini. Akhir tahun ini kita mulai program ekspornya siap dibeli konsumen di negara yang akan dituju,” kata Head of Government Relation Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo, di SCBD, Jakarta Selatan, Senin (1/7/2019).

Kreasi Nusantara” merupakan program ekspor pertama Shopee untuk memperluas jangkauan produk-produk UMKM Indonesia ke negara-negara di mana Shopee beroperasi, seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, Vietnam, hingga Filipina.

Radityo menambahkan bahwa saat ini, perkembangan dari program yang sudah berjalan sejak 2018 ini telah berada di tahap lanjutan.

“Sudah dapat calon-calon penjualnya dulu, termasuk dari UMKM. Kita juga sudah punya mitra logistiknya, dan juga mitra pembayaran yang bisa melakukan “cross border”, yang bisa “converting currency” dan lainnya,” lanjutnya seperti yang dikutip dari rilisan kantor berita Antara.

Selain persiapan penjual dan media pembayaran, Radityo menyebutkan hal lain yang tengah dipersiapkan adalah pembekalan edukasi ekspor untuk pegiat UMKM yang terlibat.

“Kita juga akan undang bea cukai untuk memberikan edukasi hingga masalah teknis tentang ekspor,” jelasnya.