Ilustrasi Event Organizer (EO). (Foto: Freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Setiap orang pasti ingin membuat suatu acara yang dapat memberikan kenangan tersendiri. Tapi tidak semua orang memiliki waktu untuk merencanakan sebuah acara dari konsep hingga eksekusi akhirnya. Di sinilah dibutuhkan peran dari penyedia jasa Event Organizer (EO).

Event Organizer menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengadakan acara tanpa perlu repot mempersiapkan banyak hal. Segala sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan untuk kebutuhan pelaksanaan acara, semuanya dapat terpenuhi oleh jasa EO.

Salah satu anak muda yang memilih peluang usaha ini di sektor jasa EO adalah Suri Tasya Cindar Bumi (25). Berawal dari hobi mendekor untuk acara sendiri, perempuan muda yang biasa dipanggil Cindar ini memutuskan untuk memulai usaha EO bernama PartyplannersTCB. Hingga saat ini, Ia bersama sang suami berhasil mengembangkan usaha yang telah dirintisnya sejak tahun 2017.

PartyplannersTCB menangani beragam acara mulai dari pernikahan, ulang tahun, sampai bridal showers. Cindar menjelaskan usahanya ini tidak hanya mengemas dan mengurus rangkaian acara saja, namun juga membuka permintaan dekorasi sebagai pelengkapnya.

Tampilan Dekorasi Event Organizer (EO) PartyplannersTCB. (Foto: dok. PartyplannersTCB)

Untuk dekorasi, Cindar selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan permintaan klien, salah satunya menggunakan bunga asli yang masih baru dan segar dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan modal awal sebesar Rp5 juta, saat ini Cindar memiliki pusat workshop yang berlokasi di Tangerang, Banten, dan menerima jasa untuk daerah Jabodetabek.

Sejak awal didirikan, Cindar begitu gencar melakukan promosi melalui media sosial dan mencari klien dengan memanfaatkan platform digital. Melalui media online, Cindar berhasil mencapai target market yang dituju ketika pihaknya langsung dipercaya dan mendapat orderan dari beberapa selebgram, youtuber, dan artis.

Tidak sedikit cerita jatuh bangun yang dirasakan oleh Cindar ketika menjalankan bisnis EO. Namun saat jatuh, Ia tidak pernah menyerah. Berusaha untuk kembali bangkit menjadi modal utamanya dalam membangun bisnis tersebut.

Cindar mengatakan, ada kenikmatan tersendiri dalam membangun usaha Event Organizer yang telah dijalaninya selama hampir tiga tahun. Ia merasakan kenikmatan bekerja sekaligus hangout yang dihadirkan ketika sedang mengemas acara di restoran dan hotel. Meskipun seringkali Ia merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira ketika event yang dikerjakan sukses serta bisa bekerja sama dengan partner yang menyenangkan.

Dekorasi Ulang Tahun PartyplannersTCB. (Foto: dok. PartyplannersTCB)

Di tengah masa pandemi saat ini, Cindar mengatakan bisnis EO-nya turut merasakan dampak yang cukup signifikan, salah satunya yaitu menurunnya minat konsumen karena khawatir untuk mengadakan acara. Selain itu, banyak restoran dan hotel yang tutup dan menerapkan protokol kesehatan di tengah kebijakan PSBB saat ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Cindar fokus melakukan pemasaran melalui media sosial khususnya Instagram dengan menghadirkan berbagai promo spesial. Ia mengakui, banyak di antara para konsumennya yang tertarik dengan berbagai promo khusus yang dihadirkan olehnya di masa pandemi saat ini.

Selain itu, Cindar juga tetap melakukan kerja sama dengan beberapa restoran dan hotel serta rekan bisnisnya untuk mempromosikan jasa event organizer apabila ada konsumen yang membutuhkan.

Ke depannya, Cindar menjelaskan bahwa dirinya berupaya untuk dapat bertahan dan terus mengembangkan bisnisnya dengan berbagai tantangan yang muncul karena pandemi COVID-19. Menggaet konsumen lebih banyak lagi tentu menjadi tujuannya, namun Ia tetap mengutamakan kualitas dengan selalu bekerja sepenuh hati dan memberikan yang terbaik bagi para konsumennya agar dapat selalu memenuhi kepuasan pelanggan.

Editor: Regina Mone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here