Ilustrasi teknologi virtual try on untuk membantu para brand beauty lokal pemula. (Foto: Dok/Perfect Corp.)

MNEWS.co.id – Dalam era digital yang terus berkembang pesat, industri kecantikan lokal semakin menunjukkan inovasinya dengan menghadirkan produk berkualitas premiun dan juga meningkatkan pengalam konsumen melalui pemanfaaan teknologi, salah satunya virtual try-on.

Teknologi virtual try-on adalah sebuah inovasi yang memungkinkan konsumen untuk mencoba produk kecantikan melalui perangkat digital, seperti smartphone. Konsumen dapat mengunggah foto mereka sendiri atau menggunakan kamera untuk melihat bagaimana produk kecantikan seperti lipstik, blush-on, atau eyeshadow, akan terlihat di wajah mereka.

Perfect Corp., penyedia solusi teknologi kecantikan dan fashion terkemuka berbasis kecerdasan buatan (AI) dan augmented reality (AR), melihat peluang ini dan meluncurkan program baru untuk beauty brand indie dan pemula yang berupaya meningkatkan interaksi konsumen melalui teknologi AR bertajuk The Small Business Beauty Tech Accelerator.

Melalui program ini, Perfect Corp. memberikan akses self-service virtual try-on warna kosmetik secara gratis hingga enam bulan kepada pengusaha beauty brand dari kalangan wanita atau minoritas.

Fitur virtual try-on semakin populer digunakan berbagai brand kecantikan hingga fashion untuk menghadirkan pengalaman baru yang menarik dan personal bagi para konsumen.

Teknologi AR unggulan dari Perfect Corp. telah berhasil membantu lebih dari 500 brands di seluruh dunia sejak perusahaan tersebut didirikan pada 2015. Banyak di antaranya melaporkan peningkatan konversi penjualan hingga 2.5 kali lipat, Average Order Value (AOV) naik 40 persen, dan penurunan angka pengembalian produk yang signifikan. 

Perfect Corp. yang dipimpin oleh CEO dan Founder Alice Chang berkomitmen untuk berkontribusi dan mendukung pertumbuhan industri kecantikan.

Berfokus pada bisnis milik wanita dan minoritas, Perfect Corp. membekali brand kecantikan masa depan dengan tools penting untuk mencapai potensi maksimal yaitu teknologi self-service AR makeup virtual try-on. Sebanyak 100 bisnis terpilih dari berbagai negara, termasuk Indonesia, akan mendapatkan fitur ini secara gratis.

“Teknologi AR dan AI menjadi alat penting untuk berinteraksi dengan konsumen dan menghadirkan pengalaman berbelanja yang personal, misi kami adalah mendemokratisasi akses atas inovasi digital yang transformatif ini sehingga dapat memberdayakan bisnis dari berbagai skala,” kata CEO dan Founder Perfect Corp. Alice Chang dalam keterangan pers yang diterima oleh redaksi MNEWS.co.id, Senin (29/5/2023).

Program Perfect Corp. Dukung Beauty Brand Pemula Mentransfomasi Pengalaman D2C
Misi program UKM Perfect Corp. adalah mendemokratisasi akses AI, AR, dan teknologi digital yang inovatif di lingkup ritel, serta memberdayakan brand kecantikan pemula. Tools tersebut akan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan sehingga terasa personal, engaging dan pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan penjualan.

Self-service AR makeup virtual try-on berbasis website dari Perfect Corp. memungkinkan brand untuk mendigitalisasi pengalaman mencoba tujuh kategori produk termasuk foundationmascara, lip color, blush, eyelashes, eyeliner, dan eyeshadow.

Pelanggan dapat mencoba dan bereksperimen dengan produk kecantikan secara virtual untuk menemukan warna yang paling cocok. Terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan dan minat beli, teknologi ini semakin memiliki peran krusial dalam beberapa tahun terakhir di industri kecantikan.

“Dengan solusi termutakhir ini, brand dapat merevolusi pengalaman konsumen melalui personalized beauty bagi semua, dan membuka peluang baru untuk berkembang,” tutup Alice.