Pertamina Dorong Mahasiswa Riau Berwirausaha Lewat ‘Kampuspreuneur’. (Foto: Dok. Pertamina)

Pekanbaru, MNEWS.co.id – PT Pertamina (Persero) memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan usaha dari kalangan mahasiswa di Riau. Riau merupakan salah satu wilayah operasional Pertamina yang memiliki potensi pasar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang besar.

Melalui program ‘Kampuspreuneur’, Pertamina ingin mendorong semangat dan minat para mahasiswa di Riau, untuk mengembangkan usaha. Agar nantinya bisa mandiri, dan menjadi motor penggerak ekonomi di Riau.

“Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 terdapat 2,9 juta lapangan pekerjaan. Namun lapangan kerja tersebut diperebutkan oleh 133 juta tenaga kerja. Tidak heran, pada tahun 2019 BPS mendata sebanyak 6,24 persen pengangguran berpendidikan sarjana,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.

Program Kampuspreuneur diadakan Pertamina guna membentuk mental dan pengetahuan kewirausahaan para mahasiswa UIR, agar dapat mengembangkan usahanya secara mandiri.

“Di Riau ini kami tidak hanya fokus pada operasional perusahaan dan persiapan alih kelola Blok Rokan saja, melainkan juga aspek sosial ekonomi seluruh lapisan masyarakat, termasuk meningkatkan kualitas generasi muda Riau,” tambahnya.

Fajriyah memaparkan kondisi pandemi COVID-19 memperburuk angka pengangguran di Riau. Ada 7.160 pengangguran, dan angka kemiskinan meningkat menjadi 23.776 jiwa. Salah satu usaha menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Riau, lanjut Fajriyah, yaitu dengan menggairahkan UMKM, terutama di kalangan generasi muda.

Untuk meningkatkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa di Riau, Pertamina menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru lewat program Kampuspreuneur. Program pengembangan UMKM ini diawali dengan workshop kewirausahaan bagi mahasiswa UIR pada 14 Juli 2020 lalu. Para mahasiswa tersebut dibekali dengan motivasi berwirausaha dan soft skill membangun wirausaha serta ilmu manajemen bisnis.

“Peserta yang ikut program ini kita tantang untuk menyusun proposal bisnis wirausaha. Proposal bisnis terbaik mendapat bantuan modal dari dana CSR  Pertamina untuk diwujudkan menjadi usaha. Selain itu, proposal bisnis terpilih juga akan didampingi mentor saat realisasinya,” ujar Fajriyah.