Ilustrasi pelaku usaha. (Foto: Gojek)

Jakarta, MNEWS.co.id –  Di bulan Ramadan 2021 dan masih di tengah pandemi COVID-19, aktivitas bisnis tetap berjalan. Pertumbuhan UMKM bahkan tak berhenti. Dari kegiatan inilah, diketahui tren bisnis menarik selama Ramadan.

Dukung pertumbuhan UMKM untuk memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui platform digital, Gojek pun menghadirkan hasil temuan berupa tren bisnis menarik selama Ramadan.

Inisiatif ini ditujukan untuk pelaku usaha agar dapat menyusun strategi bisnis yang tepat di masa menantang pandemi COVID-19 dengan mengenal pola bisnis selama Ramadan dan mendapatkan pelatihan langsung oleh para ahli di bidangnya.

Pelaku usaha dapat meningkatkan wawasan bisnis dengan mengakses insight bisnis Ramadhan Gojek yang berisi temuan menarik berdasar data Gojek Ramadan tahun lalu. Hal ini dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha di tahun ini, dan berikut temuan menarik bagi pelaku bisnis;

1. Pesanan Makanan Online Tumbuh di Ramadan
Jumlah pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami tren pertumbuhan positif selama Ramadan 2020 lalu, terutama sejak minggu kedua hingga akhir bulan. Hal ini menunjukkan masyarakat sangat mengandalkan layanan pesan antar online guna memenuhi kebutuhan selama Ramadan.

Oleh karena itu, para pelaku usaha dapat menggunakan strategi promosi yang efektif menarik pelanggan, termasuk menyediakan opsi menu Traktir Driver yang memberi kesempatan pelanggan untuk berbagi kasih dan efektif meningkatkan nilai transaksi. Hal ini dapat dilakukan pelaku usaha untuk mengoptimalkan kesempatan di bulan Ramadan.

2. Hijab Barang Ritel Paling Diincar
Hijab menjadi barang ritel yang paling diincar selama Ramadan. Data Gojek menunjukkan peningkatan transaksi hijab di bulan Ramadan tahun lalu. Bila dibandingkan dengan sebelum Ramadan, peningkatan penjualan hijab mengalami peningkatan hingga lebih dari 125 persen. Sejalan dengan tren ini, konsumen turut mengeluarkan dana lebih untuk belanja pada kategori pakaian dan aksesoris, serta barang penunjang aktifitas di rumah seperti alat kesenian melukis, buku, serta alat olahraga.

3. Hampers Tingkatkan Omzet di Bidang Jasa
Penjualan produk dengan paket hampers berguna meningkatkan pendapatan pelaku usaha di bidang jasa. Selama pandemi, pemilik usaha jasa turut menjual produk-produk yang mereka gunakan langsung ke pelanggan, hal ini terlihat pada peningkatan tren pembelian produk kecantikan dari salon, serta obat dan multivitamin penunjang kesehatan. Di momen Ramadan, pelaku usaha dapat menggabungkan produk jasanya menjadi hamper dengan harga sesuai target pasar.