Tampilan produk Ardana Food. (Foto: Ardana Food)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tidak hanya untuk bersenang-senang, hobi juga dapat dijadikan sebuah ide usaha. Dengan kesungguhan dan ketekunan untuk memperdalam suatu hobi yang disukai, dapat menjadi modal dasar untuk mengembangkan bisnis yang menghasilkan cuan.

Seperti yang dialami oleh Vina Corvianty Erlyana, seorang pelaku usaha asal Duren Sawit, Jakarta Timur yang memiliki prinsip bahwa seorang istri dan ibu harus bisa mandiri untuk membantu perekonomian keluarga.

Bermula sembari mengurus sang anak, Vina mengisi waktu luang dengan mengikuti pelatihan membuat kue dan hasilnya di-posting ke media sosial. Ternyata banyak yang tertarik untuk memesan kue hasil olahan tangannya.

Akhirnya di tahun 2016, Vina bersama sang suami mencoba untuk memulai usaha donat dan roti dengan jenama Larichs Cake and Cookies. Namun di tahun 2019, Ia mengubah brand produknya menjadi Ardana Food yang merupakan gabungan nama Vina dan sang suami.

Ardana Food menyajikan beberapa produk kuliner seperti Bomboloni, Nabanana Cake, Dimsum, dan Korean Garlic. Produk Bomboloni dan donat klasik dibanderol dengan harga Rp40.000,- per dus berisi 6-8 pcs. Sementara untuk produk lainnya memiliki kisaran harga mulai dari Rp35.000,- sampai Rp45.000,-.

Proses produksi Vina lakukan di rumahnya yang berlokasi di Jl. Selat Makasar, Duren Sawit, Jakarta Timur. Produk Ardana Food diolah dengan menggunakan bahan baku berkualitas premium dan disimpan di dalam freezer.

Saat ini, Ia mengerjakan pemesanannya secara sendiri menggunakan sistem pre-order dengan  kapasitas produksi mampu yang menghasilkan 20 box dan 30 cup puding dalam waktu sehari.

Selama masa pandemi, Vina mengaku penjualan produknya ikut terdampak. Namun, Ia tidak ingin menyerah dengan keadaan. Akhirnya Ia pun fokus memasarkan produknya melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, hingga e-commerce.

Vina menambahkan, dengan memanfaatkan penjualan online, usahanya pun semakin berkembang dan kini pelanggannya sudah tersebar di Jabodetabek hingga pulau Bali.

Ke depannya, Ia berencana memperluas usahanya dengan menambah channel promosi dan bisa memiliki toko offline. Ia berharap dengan memanfaatkan penjualan online, Ardana Food bisa berkembang lebih luas sehingga bisa membuka lapangan perkerjaan untuk warga sekitar.