12 Peluang Usaha di Dunia Digital

Dewi Fadhilah Soemanagara | 10 Mei 2019, 11:10 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id — Ekosistem dunia digital kini sudah mulai merambah dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seluruh aktivitas kehidupan dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali, bahkan ketika sedang terlelap, tidak terlepas dari kendali dunia digital. Setiap lini kehidupan mulai dari sosial ekonomi, dunia informasi, hiburan, bisnis bahkan pendidikan sudah berbasis digital.

Transformasi digital menjadikan dunia dipenuhi dengan kebiasaan dan karakter baru. Setiap tahunnya, perkembangan dunia digital di berbagai negara terus meningkat signifikan.

Berdasarkan data WeAreSocial, Global Digital Report menunjukkan angka menakjubkan dari jagad dunia digital. Indonesia termasuk salah satu negara dengan perkembangan digital yang pesat.

Di antaranya, jumlah pengguna internet dunia yang telah mencapai 4,021 miliar manusia, dan di Indonesia sendiri mencapai 132,7 juta orang. Sebanyak 60 persen mengakses internet menggunakan ponsel pintar.

Durasi penggunaan internet pun turut dibeberkan oleh WeAreSocial. Rata-rata dunia menggunakan internet selama 6 jam per hari untuk mengakses internet melalui berbagai perangkat.

Dunia bisnis digital juga turut memberikan nuansa perubahan yang luar biasa, mulai dari pembuatan profil diri, berjualan, produksi, pembukuan usaha, hingga marketing sudah berbasis digital. Dengan modal jari dan ponsel, kita sudah bisa mengelola kehidupan dan berbelanja.

Tren belanja online di Indonesia pun akan terus bertumbuh. Ada beberapa model bisnis di dunia digital, di antaranya yaitu infomediary, sebuah perusahaan yang mengumpulkan, menganalisa dan menjual informasi pada konsumen. Kemudian, licensing yakni memegang paten untuk jenis perangkat tertentu. Berikutnya merchant, perusahaan yang menjual barang dan jasa melalui toko online.

Menurut CEO Ruang Belanja Online (Rubelon.com) Syarif Hidayat, ada 12 peluang usaha yang bisa dimanfaatkan di era digital ini untuk menghasilkan pundi-pundi cuan.

Pertama, web development. Jasa pembuatan website ini harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi pembeli. Mengingat efektivitas internet yang digunakan hampir di semua bidang, menjadi web designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Membuat startup. Startup adalah sebutan bagi pengusaha yang tengah merintis bisnis di bidang digital. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software, aplikasi mobile, dan masih banyak lagi. Bisnis startup mengutamakan konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat.

Membuat blog yang menarik dan menghasilkan income. Ini adalah hobi yang bisa mendatangkan uang. Hanya dari menulis mengenai hal menarik dan bermanfaat bagi orang lain, atau tulisan dengan tema tertentu, kita bisa menambah penghasilan bulanan di antaranya dengan komisi dari afiliasi dengan pihak atau produsen lain saat menjual produk. Selain itu, kita juga bisa menawarkan iklan untuk ditampilkan dalam blog.

Menyediakan jasa desain grafis. Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya bisa sangat tinggi, disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools komputer yang semakin canggih.

Menjual plugin dan template WordPress. Salah satu mesin blog yang ramai dipakai adalah WordPress. Pasalnya, maintenance dan modifikasinya tidak begitu sulit.

Penulis konten/artikel SEO (Search Engine Optimization)
Bagi yang suks menulis, tidak ada salahnya mencoba berkarya di dunia digital. Dari berbagai lini ide peluang usaha yang telah dibahas sebelumnya, konten menarik dengan SEO akan lebih meningkatkan traffic dan semakin direkomendasiksn oleh mesin pencari.

Membangun agensi pembuatan artikel dan konten
Beberapa editor diperlukan untuk menjaga kualitas tulisan dan memerluksn pemasaran yang baik supaya diketahui oleh khalayak ramai. Kini, banyak startup uang berbisnis di bidang penulisan konten, misalnya jasa penulis artikel Kontenesia.

Membuat aplikasi mobile. Dengan semakin seringnya orang menggunakan teknologi mobile, maka selama itu pula bisnis aplikasi mobile masih akan prospektif. Google telah memberikan dukungan untuk pemanfaatan fitur aplikasi Android, hanya tinggal mempelajarinya dengan sungguh-sungguh saja.

Membuat software. Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan, nilai dan tujuan tertentu.

Jasa internet marketing, merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis digital. Mengingat persaingan bisnis yang juga ketat, maka internet marketing adalah cara promosi produk barang/jasa dengan mengoptimalkan media sosial dan akses internet lainnya.

Media sosial, bisa dioptimalkan penggunaannya untuk berbisnis, internet marketing atau bahkan menciptakan media sosial khusus di suatu daerah.

Menjadi youtuber. Suka mengupload video dan membaginya di youtube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih serius. Buatlah video dengan tema yang sekiranya akan viral. Semakin banyak yang melihat video Anda, maka semakin besar pendapatan yang akan diperoleh. Selain itu, ada fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis tayang dalam video dan iklan akan muncul jika penonton menekan tombol klik.

Masih banyak peluang usaha di dunia digital yang bisa dicoba. Namun, yang paling penting adalah bulatkan tekad dan niat, survei target pasar yang sesuai dengan usaha yang akan dilakukan, dan persiapkan diri untuk belajar lebih banyak. Jika semuanya sudah siap, langkah berikutnya adalah aksi nyata. Selamat mencoba dan selamat berjuang!

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar