Jakarta, MNEWS.co.id – Bagi banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), musim belanja akhir tahun adalah waktu terpenting untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Selama pandemi Covid-19, berhubungan dengan pelanggan menggunakan platform yang muda dan simpel sangatlah penting.
Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia, Esther Samboh mengungkapkan, 30 persen pengguna WhatsApp di Indonesia semakin sering menggunakan platform tersebut untuk berbelanja atau menelusuri produk sejak awal pandemi Covid-19.
“Untuk membantu usaha terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan, kami mengembangkan panduan menggunakan WhatsApp dalam memaksimalkan momentum liburan akhir tahun,” kata Esther.
Untuk membantu usaha terhubung dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan, WhatsApp membagikan beberapa kiat buat pelaku UMKM.
1. Cara agar mudah ditemukan pelanggan baru
Tulang punggung banyak UMKM adalah pelanggan baru. Untuk itu, Facebook dan Instagram menghadirkan tampilan toko virtual bagi pelanggan untuk menemukan apa yang ditawarkan. WhatsApp adalah konter di mana pelaku UMKM untuk menjawab pertanyaan, dan mendiskusikan serta menjual produk.
Untuk memudahkan pelanggan menemukan usaha anda di WhatsApp, coba tambahkan tombol WhatsApp pada laman Facebook atau profil Instagram Anda. Sehingga pelanggan dapat memulai obrolan dengan usaha Anda hanya dengan satu ketukan. Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, buat iklan di Facebook atau Instagram dengan tombol WhatsApp yang membuka obrolan saat diklik.
2. Hadirkan profil profesional
Jangan lupa untuk memberikan informasi mendasar pada pelanggan terkait usaha Anda, sehingga mereka tahu bagaimana dan kapan bisa menghubungi. Bangun profil dan kredibilitas dengan membuat profil bisnis di akun Anda. Hal ini akan membantu usaha anda memberitahu pelanggan informasi penting terkait jam operasional selama liburan akhir tahun dan menyediakan detail-detail penting seperti alamat toko, situs, dan lain-lain.
3. Tunjukkan produk yang anda tawarkan
Yang tak kalah penting, tunjukkan produk yang anda tawarkan. Pelanggan ingin melihat dengan cepat barang dan jasa yang ditawarkan oleh usaha anda, sehingga bisa menemukan hal yang mereka sukai dengan cepat.
Gunakan katalog di aplikasi WhatsApp Business untuk menunjukkan semua produk yang usaha Anda tawarkan. Kemudian kelompokkan produk dalam koleksi agar tertata dengan baik dan mudah dilihat oleh pelanggan anda. Fitur ini akan memudahkan pelanggan menyusuri inventaris dan berbelanja akhir tahun di usaha Anda.
4. Respons pelanggan dengan cepat
Kunci dari suksesnya proses belanja online adalah kepercayaan dak kecakapan dalam menjawab atau menerima masukan. Maka dari itu, penting untuk merespons pelanggan dengan cepat.
Merespons pelanggan dalam waktu yang cepat akan sangat membantu meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Karena di momen belanja akhir tahun pelanggan akan menghubungi banyak usaha, kecepatan membalas adalah kunci yang dapat memenangkan usaha Anda.
5. Atur produk yang ditawarkan
Fitur balas cepat dari aplikasi WhatsApp Business dapat menyediakan template cepat untuk menghemat waktu saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan. Serta pesan away dapat memberitahu pelanggan saat anda sedang sibuk dan akan segera membalas mereka.
Alat-alat simpel ini dapat membuat perbedaan saat digunakan untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan atur produk yang ditawarkan.