Manfaat Peran Public Relations untuk UMKM

Regina Mone | 01 September 2019, 11:26 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan Public Relations (PR) memiliki kaitan yang sangat berhubungan erat dalam berwirausaha. Peran PR sangat membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan baik secara finansial dan juga penjualan. Selain itu di era modern saat ini, peran PR juga mendukung dalam pemasaran sebuah produk sehingga PR telah menjadi bagian dalam strategi pemasaran.

"Public Relations (PR) mempunyai tujuan sebagai komunikasi untuk mempresentasikan citra perusahaan kepada publiknya (stakeholders), melaksanakan serangkaian kegiatan untuk membentuk dan memperkaya identitas dan citra perusahaan di mata stakeholders," kata Muhammad Zulkifli selaku Senior PR & Market Growth Manager Precious Communications dalam Kelas Komunitas Sahabat UMKM bersama ADX Asia di Jakarta Creative Hub, pada Jumat (30/8/2019).

Zulkifli juga menambahkan mengenai manfaat peran PR yang dapat diterapkan oleh para pelaku UMKM yaitu  menarik minat beli konsumen untuk membeli, mendorong penilaian yang lebih besar pada produk, membuat konsumen untuk percaya dengan produk, dan memberikan peluang kepada investor.

Dalam menyusun strategi PR, Zulkifli menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pelaku UMKM. Yang pertama yaitu siapa yang akan membimbing atau mendampingi dalam komunikasi dari strategi yang dibuat (Who), konten seperti apa yang akan dihasilkan (What), menggunakan saluran apa dalam strategi tersebut (Via which channel), siapa yang akan dijangkau dalam komunikasi (Whom), serta dampak yang dihasilkan dalam strategi itu (To What Effect).

Selain itu Zulkifli juga menjelaskan beberapa kegiatan PR yang saat ini masih digunakan. "Untuk saat ini masih ada beberapa alat komunikasi tradisional yang digunakan dalam strategi PR yaitu menggunakan media gathering, menjalin hubungan dengan komunitas, melakukan interview, mendatangkan beberapa media visit, dan melalui press release yang diberikan kepada beberapa media yang bekerja sama," ujarnya.

Sementara saat ini alat komunikasi modern dalam dunia PR yang banyak digunakan oleh para pemilik usaha adalah kampanye melalui media sosial baik berupa promosi, mengadakan give away, dan berbagai strategi lainnya.

Selain itu, tidak sedikit pula yang menggunakan strategi influencer marketing dengan melakukan endorsement agar produk tersebut dipromosikan untuk menarik minat beli konsumen. Dan terakhir adalah menggunakan content marketing dengan tujuan konten yang dihasilkan melalui media tidak membosankan.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar