Cara Efektif Dalam Meningkatkan Jumlah Followers Instagram

Regina Mone | 31 Januari 2018, 09:00 WIB

Tak dipungkiri, selama beberapa dekade terakhir, media sosial telah memegang peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam kepentingan pribadi maupun dalam kepentingan bisnis.

Platform media sosial seperti Facebook dan Instagram memungkinkan penggunanya untuk terhubung baik dengan teman, keluarga, maupun orang-orang baru di seluruh dunia. Selain untuk komunikasi, Facebook dan Instagram telah menjadi salah satu alat yang penting bagi pemilik usaha kecil dan perusahaan besar untuk menjangkau pelanggan baru, memasarkan produk, dan menyebarkan informasi tentang merek mereka.

Pertumbuhan platform media sosial tersebut telah membawa perubahan signifikan akan cara pebisnis menerapkan strategi pemasaran.

Perubahan mendasar dalam strategi pemasaran ini juga telah memicu inovasi teknologi yang memudahkan pemilik bisnis dan merek untuk memanfaatkan media sosial.

Tentunya semakin banyak followers yang dimiliki di media sosial, semakin besar pula jangkauan Anda kepada Calon pelanggan. Maka dari itu, berikut adalah 6 cara agar pemasar online dapat menambahkan followers Instagram secara efektif:

1. Memanfaatkan Alat Otomasi Untuk Mempermudah Pemasaran

Salah satu cara untuk mendapatkan followers yang lebih besar di Instagram tanpa banyak usaha adalah menggunakan alat otomasi Instagram seperti SocialDrift. Perangkat lunak otomasi Instagram ini akan menentukan target pemirsa Anda, menyukai dan mengomentari posting yang relevan, dan mengikuti pengguna yang berpengaruh untuk membangun kehadiran online Anda, 24 jam sehari.

Alat ini dapat menjadi cara paling efektif untuk membangun merek jika Anda tidak memiliki sumber daya untuk mendedikasikan staf ke pemasaran media sosial.

Alat otomasi memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan aktivitas dan meningkatkan followers Anda secara organik.

2. Luangkan Waktu Untuk Menulis Caption

Di Instagram, judul atau caption sama pentingnya dengan konten yang Anda poskan. Salah satu cara terbaik bagi pemasar untuk lebih terlibat dengan pengguna adalah dengan menceritakan sebuah cerita melalui konten.

Jangan pernah memposting gambar atau video tanpa memberi konteks kepada followers melalui deskripsi sebuah pos.

Dengan menulis deskripsi mendalam dan mendalam, Anda dapat memicu percakapan, berbagi ide baru, atau mengembangkan koneksi dengan followers.

Selain itu, pengguna akan membagikannya kepada teman mereka yang menurut mereka tertarik pada konten Anda yang juga akan terlibat dengan Anda.

Menceritakan sebuah cerita melalui sebuah postingan adalah cara yang bagus untuk menarik followers baru dan mengembangkan koneksi dengan pengguna.

3. Berinteraksi Dengan Pengguna yang Berpengaruh

Cara yang bagus untuk membuat pengguna terlibat dengan merek Anda adalah berinteraksi dengan anggota masyarakat yang Anda pasarkan.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kecil yang menjual persediaan dan aksesori hewan peliharaan, carilah pengguna Instagram yang populer di dunia perawatan hewan peliharaan atau akun yang mengeposkan gambar hewan peliharaan.

Melalui interaksi dengan pengguna di komentar ini, Anda akan mulai dikenali oleh pengguna di pemirsa target Anda yang akan mengunjungi profil Anda dan terlibat dengan konten Anda.

Influencer ini tidak perlu menjadi pemimpin industri atau bahkan profesional, hanya anggota komunitas yang memiliki kredibilitas dengan calon pelanggan Anda.

4. Ikuti Tren Dengan #hashtag

Cara yang bagus bagi merek untuk mendapatkan eksposur terhadap sejumlah pengguna Instagram yang signifikan adalah dengan mengikuti tren yang berkembang dalam hashtag.

Hashtag adalah kata atau frase yang digunakan orang di media sosial untuk mengatur konten terkait dan terlibat dengan komunitas tertentu.

Di Instagram, banyak pengguna menggunakan hashtag sebagai alat untuk menjangkau khalayak baru dan menemukan konten yang mereka sukai.

Sebagai pemasar, Anda dapat menggunakan hashtag untuk terlibat dengan pengguna dengan melihat pesan populer dari pengguna yang berpengaruh untuk mengambil hashtag baru.

Setelah menemukan hashtag tertentu yang mulai populer, Anda dapat mengembangkan konten ke pos yang relevan dengan hashtag tersebut dan menggunakannya untuk mendapatkan eksposur pada lebih banyak pengguna.

Anda juga dapat melihat ke platform media sosial lainnya seperti Twitter dan Facebook untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang hashtag apa yang tren dan komunitas mana yang paling populer.

Perlu diingat, dengan perubahan algoritma baru dari Instagram, jika Anda terlalu banyak menggunakan hashtag atau menggunakan hashtag yang salah, justru dapat merugikan merek Anda. Namun dengan menggunakan beberapa hashtag yang populer tentu dapat meningkatkan kehadiran merek bisnis di Instagram.

5. Promosikan Merek Anda di Platform Lain

Cara yang lain yang dpaat dilakukan untuk mengarahkan lalu lintas ke profil Instagram Anda adalah mempromosikan merek Anda di platform lain seperti Facebook atau Snapchat.

Banyak orang sekarang menggunakan media sosial ini untuk menggantikan media berita tradisional dan media cetak yang digunakan untuk menghabiskan waktu membaca, yang menyajikan kesempatan besar untuk mendapatkan eksposur kepada calon pelanggan.

Poskan di platform media sosial lainnya dan dorong pengguna untuk memeriksa profil Instagram Anda.

Anda bahkan dapat menawarkan promosi dan diskon untuk pengguna yang mengikuti akun Instagram dan terlibat dengan konten Anda.

6. Gunakan ‘Stories’ Untuk Menyebarkan Konten Baru

Instagram stories sedang mengalami perkembangan pesat, bahkan mengalahkan Snapchat yang hadir terlebih dahulu dengan menawarkan fitur yang sama. 

Cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke akun Anda adalah dengan mengeposkan berita kapan pun Anda memiliki konten baru di halaman Anda.

Beritahu pengguna untuk mengunjungi halaman Anda dan memeriksa konten baru. Anda juga dapat bekerja sama dengan merek lain untuk saling mempromosikan satu sama lain.

Saat ini fitur stories dari Instagram adalah salah satu trik yang sangat efektif untuk menarik pelanggan. Jadi, pastikan Anda memaksimalkannya dengan baik.

Nah, itulah tadi 6 cara efektif yang dapat dilakukan setiap pemilik bisnis untuk meningkatkan followers Instagram.

Dengan bertambahnya jumlah followers, semakin besar juga kesempatan Anda untuk mendapatkan calon pelanggan potensial melalui eksposur besar yang didapatkan di media sosial.

Meningkatnya eksposur yang didapatkan juga mengharuskan Anda sebagai pemilik usaha untuk lebih siap. Salah satu tingkat kesiapan yang harus Anda miliki adalah dengan menyediakan supply barang dengan jumlah banyak. Jangan sampai supply yang ada tidak mencukupi jumlah permintaan yang diajukan oleh calon pelanggan. Ketersediaan barang harus tetap menjadi prioritas untuk memberikan pelayanan terbaik dengan cepat.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar