Sambut Tahun Baru Imlek 2570 Dengan Acara Meriah Berikut Ini

Regina Mone | 04 Februari 2019, 14:18 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Sama seperti perayaan Tahun Baru Masehi, atau perayaan hari-hari besar keagamaan lainnya di Indonesia, perayaan Tahun Baru Imlek setiap tahunnya juga sangat seru dan selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan. Baik itu warga keturunan Tionghoa atau masyarakat umum yang turut larut dalam euforia Imlek yang sangat meriah.

Di kalender pariwisata sendiri banyak acara digelar untuk menyambut Imlek setiap tahunnya. Sebut saja perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, hingga perayaan Grebeg Sudiro di Solo. Semuanya membawa keseruan tersendiri saat kita mengunjunginya.

Namun, tak hanya 2 acara itu saja. Berikut ini adalah beberapa tempat perayaan Tahun Baru Imlek 2570 yang layak untuk dikunjungi dalam memeriahkan Tahun Baru Imlek seperti dilansir dari situs Pesona Indonesia.

Pasar Imlek Semawis (Semarang)
Pasar Imlek Semawis akan kembali digelar menyambut Tahun Baru Imlek 2570. Pasar ini akan diramaikan dengan berbagai pernak-pernik khas Imlek, kuliner khas Semarang, pagelaran wayang potehi, dan beragam atraksi kebudayaan Tionghoa lainnya. Event ini akan digelar dari tanggal 1-3 Februari 2019.

Pekan Budaya Tionghoa (Yogyakarta)
Acara ini merupakan acara tahunan yang sudah digelar sejak 2005 silam. Pekan Budaya Tionghoa sudah bukan lagi dianggap sebagai acara etnis tertentu, namun event ini juga melibatkan banyak lapisan masyarakat, dan sudah menjadi salah satu ikon pariwisata di Kota Gudeg, Yogyakarta. Pekan Budaya Tionghoa akan berlangsung dari tanggal 13-19 Februari 2019. 

Cap Go Meh Street Festival (Bogor)
Keberagaman dan kekayaan budaya Nusantara akan kembali disuguhkan di Kota Hujan, Bogor, Jawa Barat. Event tahunan yang digelar dalam menyambut suka-cita perayaan Tahun Baru Imlek ini akan berlangsung di sepanjang Jalan Suryakencana, Kota Bogor. Cap Go Meh Street Festival ini akan digelar pada tanggal 19 Februari 2019.

Grebeg Sudiro (Solo)
Tradisi Grebeg Sudiro dilakukan warga Solo untuk menyambut datangnya Tahun Baru Imlek. Acara ini akan diisi banyak seni budaya Jawa maupun Tionghoa, yang akan ditampilkan dalam arak-arakan mengelilingi kawasan Pecinan di Kota Solo. Sebagai puncak acara, akan ada gunungan kue keranjang yang bisa diambil oleh warga.

Festival Imlek (Banyuwangi)
Acara ini akan diisi  dengan kirab budaya Tionghoa yang dibalut dalam sebuah festival yang sangat menarik untuk kita lihat. Festival ini akan diikuti ribuan warga Tionghoa dari berbagai daerah. Festival ini juga sebagai bentuk toleransi antar umat beragama di Banyuwangi, Jawa Timur.

Festival Cap Go Meh (Singkawang)
Cap Go Meh merupakan perayaan yang dilakukan umat Tionghoa 15 hari setelah Hari Raya Imlek. Biasanya Cap Go Meh akan menampilkan budaya Tionghoa secara besar-besaran sebagai bentuk suka-cita menyambut Tahun Baru Imlek. Festival Cap Go Meh juga jadi acara tahunan yang rutin digelar di Kalimantan Barat, dan masuk dalam 100 Calender of Event 2019 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Gotong Toa Pe Kong (Tegal)
Gotong Toa Pe Kong merupakan arak-arakan patung Dewa yang digelar 15 hari setelah perayaan Imlek. Barongsai dan Liong menjadi pembuka event ini, dan menjadi syarat utama sebelum patung-patung dewa dikeluarkan, lalu diarak bersama-sama. Namun sebelumnya, patung para dewa akan dimandikan terlebih dahulu tepat saat perayaan Tahun Baru Imlek.

 

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar