Rute Baru di Tour de Singkarak 2019

Regina Mone | 02 November 2019, 07:20 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Event balap berskala internasional, Tour de Singkarak (TdS) 2019 akan segera digelar. Event balap sepeda ini akan dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 10 November 2019. Memasuki tahun penyelenggaraannya yang ke-11, kali ini TdS semakin diperluas jangkauannya hingga sembilan etape dan melintasi 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda jalan raya jarak jauh dan berlangsung selama seminggu. Ratusan pembalap akan bertarung untuk menjadi yang tercepat dalam menaklukkan rute sepanjang 1.317,3 kilometer, yang terbagi dalam sembilan etape Tour de Singkarak 2019.

Etape pertama akan dimulai pada 2 November, dengan titik awal dari Pantai Gondoriah, Kota Pariaman menuju Istana Baso Pagaruyung Tanah Datar sejauh 107.3 Km. Keesokan harinya, etape 2 akan start di Kantor Bupati Pasaman menuju Jam Gadang Bukittinggi sejauh 112.2 km. Pada 4 November, etape 3 akan dimulai dari Lembah Harau Kabupaten Limapuluh Kota menuju Kota Padang Panjang sejauh 125.6 km.

Etape keempat Tour de Singkarak akan dimulai dari Kantor Bupati Dharmasraya dan finish di Lapangan Segitiga Sawahlunto dengan rute sejauh 205.3 km. Lalu pada 6 November, di etape 5 peserta akan memulainya dari Ngalau Indah Payakumbuh dan finish di Embun Pagi Agam, sejauh 206.5 km.

Selanjutnya, 7 November, etape 6 Tour de Singkarak akan start dari Dermaga Singkarak Kabupaten Solok dan finish di RTH Padang Aro Kabupaten Solok Selatan sejauh 214.2 km. Lanjut ke etape 7, peserta akan mulai dari Air Terjun Telun Berasap Kayu Aro menuju Dermaga Danau Kerinci Kabupaten Kerinci dengan jarak tempuh 82.9 km.

Pada etape 8, Tour de Singkarak akan start dari Lapangan Merdeka Sungai Penuh Kota Sungai Penuh dan finish di Taman Painan Kabupaten Pesisir Selatan sepanjang 200.4 km. Terakhir, 10 November, etape 9 peserta akan mulai dari Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan dan finish di Pantai Cimpago Padang dengan jarak tempuh 107.7 km.

Menariknya, di etape ke-9 adalah rute baru dari Tour de Singkarak. Pantai Carocok dan Pantai Cimpago merupakan Kawasan Wisata Mandeh, yang terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jalan di kawasan Mandeh sepanjang 41,08 kilometer merupakan jalur baru yang selesai akhir 2018 lalu. Jalan itu sangat istimewa, karena peserta akan melintasi pemandangan indah Samudera Hindia hampir sepanjang perjalanan.

Sungguh pengalaman yang sangat menarik, bersepeda sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari Sumatera Barat.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar