Perlahan tapi pasti, semua langkah yang dijalankan Rio Pebrian, pemilik usaha "Kahasil" tidak hanya mengantarkannya menjadi penjual sukses, namun juga mampu memberdayakan masyarakat di sekitarnya. (Foto: Dok/Lazada)

MNEWS.co.id – Di era transformasi digital saat ini, platform eCommerce menawarkan ruang, akses dan fitur bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin sukses di ranah digital. Meski demikian, kerja keras dari pelaku UMKM itu sendiri tetap menjadi kunci utama pendorong keberhasilan.

Didorong dari keinginan untuk bisa mandiri secara finansial, Rio Pebrian, pemilik usaha Kahasil memulai langkahnya menjadi penjual online. Perlahan tapi pasti, semua langkah yang dijalankan Rio melalui toko Kahasil tidak hanya mengantarkannya menjadi penjual sukses, namun juga mampu memberdayakan masyarakat di sekitarnya.

Rio menceritakan perjalanan kesuksesan usahanya yang diraih selangkah demi selangkah.

“Langkah pertama saya didorong dengan keinginan untuk tidak lagi bergantung dengan orang tua dan menghasilkan pendapatan secara mandiri saat saya duduk di bangku SMA,” ungkap Rio.

Rio pun memutuskan untuk mengambil langkah kecil pertama dalam perjalanannya membangun bisnis, yaitu berjualan aksesoris handphone. Usaha Rio ini ternyata bisa memberikan keuntungan hingga mendorongnya untuk terus menjalankan usaha hingga lulus sekolah.

Langkah kedua untuk sukses adalah jeli membaca peluang yang ada. Rio bercerita bahwa dirinya selalu mengamati tren untuk mendapatkan peluang baru. Berbekal modal yang dihasilkan dari usahanya berjualan aksesoris handphone, Rio memberanikan diri untuk mencari peruntungan di Kota Bandung.

Nekat berangkat dari Ciamis ke Kota Bandung dengan berbekal ilmu dan pengalaman berjualan sebelumnya, Rio mencoba taktik berjualan baru, yaitu dengan menjadi reseller grosir tas dan dompet.

“Saya melihat ada peluang berjualan tas dan dompet di Bandung. Apalagi warga Bandung kan banyak yang ingin tampil trendi,” ujar Rio.

Ia juga tergerak untuk menjajal berjualan melalui platform eCommerce karena melihat banyak orang sudah mulai berbelanja secara online.

“Saya berani coba aja dulu,” tutur Rio.

Kejelian Rio untuk beradaptasi dan mencari peluang di sekitarnya akhirnya membuahkan hasil dengan terciptanya toko Kahasil yang fokus menjual produk tas dan dompet pada tahun 2018.

Mengusung semangat “Harus Berhasil” sebagai filosofi mengembangkan usaha, Rio terus mempelajari bagaimana memasarkan produknya di eCommerce. Meski mengalami kesulitan di awal, Rio tidak merasa kecil hati. Ia justru semakin membulatkan tekad untuk memahami dan meningkatkan kemampuannya untuk memasarkan produk secara online.

Langkah ketiga untuk menjadi penjual sukses adalah memberdayakan orang-orang di sekitarnya.

Setelah melihat tokonya perlahan berkembang, Rio memiliki visi yang lebih besar lagi untuk mengembangkan brand dengan produk-produk buatan sendiri. Rio kembali mengambil langkah lebih besar untuk kembali ke kampung halamannya, Ciamis, dan mencari mitra pengrajin dan memproduksi barang untuk Kahasil.

Salah satu mitra pengrajin yang memproduksi produk Kahasil adalah Tata, yang awalnya adalah seorang kuli panggul dengan keterampilan menjahit.

“Bertemu Rio adalah anugerah bagi saya. Selain memiliki kesempatan untuk mengubah nasib, saya juga belajar tentang bisnis dan cara berjualan secara digital,” ungkap Tata.

Tidak ingin sukses sendirian, Kahasil juga menggaet para pengrajin, komunitas hingga ibu-ibu rumah tangga di Ciamis untuk bekerja sama. Lewat Kahasil, Rio juga menjajal peluang menjual produk makanan yang diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga disekitarnya, yang diberi nama Kahasil Snack. Kepedulian Rio terhadap lingkungan sekitar telah menghadirkan banyak peluang baru bagi masyarakat sekitarnya untuk ikut berkembang bersama Kahasil.

Langkah berikutnya dari seorang Rio adalah konsistensi dalam belajar. Rio terus mempelajari dan memanfaatkan beberapa fitur yang ada di tiap eCommerce untuk membantunya mengembangkan Kahasil.

“Saya pikir canggih juga ya fitur ini bisa kasih tahu saya tren yang ada di pasar saat ini. Dan ini sangat membantu dalam membuat strategi bisnis untuk memutuskan produk yang harus dijual. Dengan bantuan data dari fitur ini, penjualan produk Kahasil jadi naik banget,” ujar Rio.

Rio mengaku bergabung di eCommerce membuat ia mampu berkembang dari reseller hingga kini menjadi produsen dan telah memiliki gudang sendiri di Ciamis untuk memenuhi permintaan pelanggan dari seluruh pelosok Indonesia.

Dengan setiap langkah upayanya, Rio bersama timnya turut maju dan berkembang menjadi pelaku ekonomi digital yang mumpuni, yang mampu mendapatkan omzet hingga ratusan juta setiap bulannya.

Sukses pribadi jelas telah diraih Rio, namun visi besarnya membawa Rio ke langkah kelimanya, membantu para penjual lainnya untuk juga meraih sukses di platform digital.

Bagi yang ingin memulai bisnis, Rio mengatakan bahwa kesuksesan bisa dimulai dengan percaya akan potensi diri dan memiliki pola pikir kuat untuk mau terus belajar.

“Memang semua hal terasa sulit untuk pertama kalinya. Tapi dengan keyakinan dan kemauan untuk terus beradaptasi dan belajar, saya percaya pasti bisa sukses!” tutup Rio.