EXCELLOKA, Cuma Butuh Komitmen Untuk Memulai Usaha

Dewi Fadhilah Soemanagara | 31 Agustus 2018, 17:00 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Berkembangnya bisnis fashion dan kuliner tidak terlepas dari strategi digital marketing, sebuah tantangan bagi entrepreneur khususnya bagi pelaku UMKM. Pasalnya, persaingan bisnis semakin ketat, dan semakin tingginya tuntutan untuk meningkatkan kualitas bisnis untuk bisa merebut pasar.

Namun, terbatasnya akses pendanaan, masih kurangnya pelatihan terkait manajemen usaha dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi beberapa masalah utama yang dihadapi oleh para pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Karenanya, butuh lebih banyak program pelatihan bagi para pelaku bisnis UMKM.

Viktor Yanuar, CEO dan Co-Founder excellence.asia menuturkan, saat ini jumlah UMKM di Indonesia sudah hampir mencapai 60 juta, dan memberikan kontribusi terhadap penyerapan domestik bruto dan tenaga kerja terbesar, namun skill yang masih rendah tetap menjadi kendala.

“Pak Jokowi selalu mengatakan supaya UMKM bisa naik kelas. Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang lebih baik. Itulah sebabnya excellence.asia menginisiasi EXCELLOKA, pelatihan gratis untuk small business owner. Kita punya hashtag #cumabutuhkomitmen untuk memulai usaha,” papar Viktor dalam pembukaan EXCELLOKA Goes to Mall di area Pasar Kita Vol. 2, Lippo Mall Puri, Jakarta, pada Jumat (31/8/18). 

Acara EXCELLOKA Goes to Mall ini sendiri merupakan hasil kolaborasi excellence.asia dengan Backspace Coworking Space dan Komunitas Sahabat UMKM. Program yang bertujuan mendukung perkembangan UMKM di Indonesia ini terdiri dari 3 sesi, yaitu Crash Course to Digital Marketing dengan pembicara Aditya Kristanto Gunawan (founder Pakar.co.id), kemudian How to Expand Your Market in Culinary Business bersama Michiko Sutanto (Senior Manager on Marketing Strategy at Lemonilo), dan sesi terakhir Building A Successful Fashion Business bersama Nina Moran (CEO Go-Girl), Andrew Darmadi (CEO Halosis.co.id), Nigg Dional (Co-Founder Alezalabel.com), dan Oya Miranti (Founder RAN Looks).

Berbagai ilmu dan sharing pengalaman pun bisa didapatkan secara gratis oleh para pelaku bisnis dalam acara ini. Sesuai dengan visinya, excellence.asia mengusung visi “digital ecosystem for professional education”, pengetahuan seputar bisnis dan pendidikan profesional di era digital harus bisa diakses oleh semua orang tanpa batas.

Berasal dari kata Excel (percepatan) dan Loka (dimensi), EXCELLOKA bertekad memberikan peluang kepada UMKM untuk memasuki dimensi percepatan, khususnya peningkatan kualitas bisnis. Berbagai pelatihan berkelanjutan pun sudah dilakukan, mulai dari pemasaran, penjualan, branding, pelayanan pelanggan, hukum, keuangan, pajak, operasional, dengan metode offline dan online.

Dirilis mulai 6 Maret 2018 lalu, EXCELLOKA telah melangsungkan 15 pelatihan kepada 1000 small business owner, dan akan terus bertambah. Diharapkan kontribusi EXCELLOKA melalui pelatihan-pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas UMKM secara berkesinambungan dan turut mengembangkan perekonomian di Indonesia.

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar