Bupati Belitung, Sahani Saleh. (Foto: NKRI Babel)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus mengupayakan strategi untuk bantu tingkatkan pemulihan ekonomi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terdampak Covid-19.

“Kami berupaya keras membangkitkan sektor UMKM agar kembali bergairah meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Bupati Belitung, Sahani Saleh.

Sahani mengatakan upaya yang dilakukan dalam membangkitkan pada sektor ini mulai dari kegiatan pameran, peningkatan kualitas produk termasuk mendorong pelaku UMKM memperluas jaringan pemasaran melalui layanan digitalisasi.


“Saya mendorong pelaku UMKM agar penjualan konvensional atau tatap muka yang selama ini dilakukan, secara bertahap membuka jangkauan pemasaran dengan sistem digital atau online,” tambahnya.

Perkembangan teknologi informasi dianggap lebih efektif bagi konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan tanpa membuang waktu harus bertemu ke pasar. Menurutnya, bekerja sama dengan dinas terkait akan terus memberikan pendampingan untuk membantu pelaku UMKM jika menghadapi persoalan,” ujarnya.
 
Sahani optimistis pelaku UMKM di Kabupaten Belitung yang mencapai ratusan orang dapat kembali pulih seperti sebelum adanya covid-19 meskipun membutuhkan waktu.
 
“Saya optimistis, sektor ekonomi masyarakat dapat pulih karena sektor pariwisata juga sudah mulai beraktivitas meskipun masih mengandalkan wisatawan dalam negeri,” kata Sahani.
 
Ia menambahkan, dengan dibukanya sektor pariwisata seperti perhotelan, restoran dan sejumlah objek wisata akan memberikan dampak positif pada aktivitas UMKM.