Ilustrasi Bersepeda. (Foto: Unplash/Dovile Ramoskaite)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bersepeda mungkin tergolong olahraga santai, namun ada masalah yang tiba-tiba bisa terjadi saat sedang olahraga sepeda.

Tatar Bahagia merupakan salah satu anggota komunitas sepeda Seli Selatan mengatakan, ada beberapa masalah yang umumnya dialami para pengendara sepeda, khususnya bagi pemula. Masalah ini bisa muncul bila pengendara tidak teliti sebelum mengayuh sepedanya.

“Biasanya masalah yang sering dihadapi saat bersepeda adalah ban bocor, rantai putus, dan rem blong, itu sebabnya harus siapkan ban cadangan, rantai cadangan, dan persiapkan peralatan sepeda seperti kunci L untuk menyambung rantai,” ungkapnya dalam acara Bincang Shopee PSBB yang disiarkan secara live secara online pada Jumat (24/7/20).

Tidak hanya itu, masalah yang sering muncul ketika bersepeda adalah dehidrasi. Tak sedikit pula yang mengalami anggota tubuh kram. Ia menyarankan untuk menghindari tubuh kram, maka sebelum bersepeda dianjurkan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sementara untuk menghindari dehidrasi, bawalah air minum secukupnya.

“Lebih baik jangan menunggu sampai kita benar-benar merasa haus, kalau memang sudah saatnya minum ya minum saja. Kalau bisa kita atur misalnya setiap 15 menit atau 30 menit kita minum. Makanya botol minum harus dipersiapkan dan pastikan terisi ulang,” tambah Tatar.

Permasalahan dalam bersepeda yang sering ditemui lagi adalah kekurangan oksigen saat bersepeda. Terkait dengan protokol Covid-19, yaitu menggunakan masker, Tatar menganjurkan hal itu bisa dilakukan saat bersepeda jarak dekat dan detak jantung rendah. Ia juga menyarankan bagi para masyarakat yang hendak bersepeda, pastikan untuk menggunakan helm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here