UMKM Awards 2019, Ajang Penghargaan untuk Pelaku Usaha di Bandung

Rasti R | 09 Oktober 2019, 16:54 WIB

Bandung, MNEWS.co.id - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Hadirnya pelaku UMKM juga memberikan dampak positif terhadap kehidupan masyarakat pada sektor menengah ke bawah.

Salah satunya di Kota Bandung, keberadaan UMKM pun memberikan pengaruh yang cukup tinggi.  Atet Dedi Handiman, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengatakan, para pelaku UMKM Bandung menyumbang sebanyak 80% terhadap PDB Kota Bandung.

Untuk mengapresiasi pelaku UMKM Kota Bandung, Dinas Koperasi bekerjasama dengan HIPMI menyelenggarakan UMKM Awards yang diadakan di Bumi Sangkuriang, Jalan Kiputih No 12, Kota Bandung, Rabu 9 Oktober 2019.

Dedi mengatakan setelah mendapatkan penghargaan, pelaku UMKM yang menang akan mendapatkan bimbingan mengenai pemasaran kualitas produksi, dan permodalan. Pemenang yang diumumkan, mendapatkan penilaian berdasarkan beberapa kategori yaitu mulai dari kualitas produk, manajemen inovasi, implementasi, manajemen keuangan, memanfaatkan marketplace, dan sosial media untuk memasarkan produknya.

Selain itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung juga memberikan penghargaan kepada para pelaku koperasi dan usaha mikro kecil menengah yang berprestasi. Penghargaan diberikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dalam acara UMKM Award 2019. Pada kesempatan itu, Danial juga memberikan motivasi kepada para pebisnis untuk selalu kerja keras, berorientasi komoditas, dan memiliki identitas. Ketiga hal itu bisa menjadi kunci agar usaha dan koperasi bisa lebih maju dan sejahtera.

UMKM Awards ini juga menghadirkan berbagai tampilan kuliner, kriya, dan fesyen yang terlihat pada  area tenant. Produk yang ditampilkan pun begitu kreatif dan inovatif, sehingga membuat beberapa pengunjung tertarik untuk melihat. Selain itu kualitas produk yang diproduksi oleh UMKM ini tak kalah kreatif dan kemasannya sudah layak untuk dipasarkan. "UMKM di Bandung yang paling tinggi saat ini masih di kuliner, disusul fesyen, lalu kriya. Targetnya kami akan terus melakukan pendataan umkm untuk dibina," ungkap Dedi. 

Dedi berharap melalui UMKM Awards ini, pelaku usaha di Kota Bandung akan semakin unggul dan mempunyai daya saing sebagai pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi, mampu membuka lapangan kerja, dan dapat meningkatkan penghasilan.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar