Tren Ramadan di Indonesia

Regina Mone | 02 Mei 2019, 20:40 WIB
Jakarta, MNEWS.co.id - Mayoritas penduduknya yang beragama muslim menjadikan Ramadan sebagai salah satu momen perayaan besar di Indonesia. Seperti sudah menjadi tren tersendiri jika di momen perayaan Ramadan masyarakat Indonesia akan lebih konsumtif dalam berbelanja. Melihat hal itu, banyak pemilik usaha atau brands yang berlomba-lomba melakukan promosi untuk memenangkan banyak hati konsumen selama Ramadan.

Google merilis data berupa insights/trends yang terjadi selama bulan Ramadan guna membantu pelaku usaha atau pihak yang berkepentingan untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalankan pemasaran secara digital. Apa saja insights yang diberikan oleh Google? M-News merangkumnya sebagai berikut.

  • Promosikan produk secara online atau digital campaign 2 minggu sebelum Ramadan sampai sepekan memasuki momen Idul Fitri.
  • Di bulan Ramadan, masyarakat Indonesia mengalami peningkatan dalam melakukan pencarian konten spiritual seperti jadwal puasa, larangan puasa, kultum, zakat, infaq, dan shodaqoh. Pencarian tersebut meningkat rata-rata 30% setiap tahunnya.
  • Masyarakat Indonesia banyak menonton video di Youtube mulai dari pukul 3-4 pagi, dan puncaknya pada siang hari (11 AM) dan malam hari (9 PM dan 2 PM). Hal ini bisa menjadi pertimbangan ketika akan melakukan pemasangan iklan (ads) secara digital.
  • 46 juta jam video spiritual Ramadan ditonton di Youtube selama bulan Ramadan, meningkat 1,5x dibandingkan bulan biasa.
  • Selama bulan Ramadan trafik online shopping meningkat 100%, sedangkan trafik di Mall meningkat 50%.
  • Pencarian tiket kereta api naik >100% di saat PT KAI merilis pengumuman tiket Ramadan.
  • Top destinasi tiket kereta: Bandung > Yogyakarta > Surabaya > Surakarta > Semarang
  • Top destinasi tiket pesawat: Jakarta > Medan > Surabaya > Bandung > Denpasar

Rilisan data insights dari Google di atas dapat dijadikan pertimbangan atau panduan bagi pelaku usaha ketika akan melakukan promosi selama bulan Ramadan.

Report lengkap rilisan data dari Google ini bisa diunduh di sini.

 

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar