Usung program Digitalisasi Warung, Tokopedia jalin kerja sama dengan Kemenkop UKM. (Foto: Tokopedia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tokopedia dan Kementerian Koperasi dan UKM  menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam program ‘Digitalisasi Warung’. PKS ini juga mencakup akselerasi adopsi platform digital bagi UMKM lokal, khususnya usaha tradisional melalui Mitra Tokopedia.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkap selama tiga tahun terakhir, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia gencar berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan pemerintah.

Dalam kegiatan yang berlangsung Rabu (3/11/21) ini, Ia menjelaskan kolaborasi Tokopedia dan berbagai pihak dilakukan untuk membantu pegiat usaha di Indonesia agar dapat meraja di negeri sendiri. Terlebih, mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia.

Astri pun menyampaikan melalui penandatanganan PKS dengan Kemenkop UKM dalam program Digitalisasi Warung, pihaknya berharap dapat membantu pegiat usaha tradisional berkontribusi terhadap perekonomian digital khususnya di tengah pandemi.

“Kami akan melakukan program bimbingan kepada pegiat usaha yang tergabung dalam program ini. Bimbingan teknis meliputi cara memulai bisnis di Tokopedia dan cara mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara daring sehingga lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah dan memperoleh perlindungan hukum terhadap usaha,” jelas Astri.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM, Eddy Satriya menilai di tengah pandemi ini, sangat penting bagi usaha tradisional, seperti warung dan toko kelontong, untuk dapat bertransformasi lewat pemanfaatan teknologi.

“Upaya bersama Tokopedia dalam program pelatihan bisnis daring, pendampingan serta advokasi terkait izin usaha ini diharapkan dapat memudahkan para pegiat UMKM mengembangkan bisnis,” kata Eddy.

Selain kolaborasi dalam program Digitalisasi Warung, ada juga kolaborasi dengan ‘Sobat Mitra’, yang bertugas membantu penjual yang bergabung dengan Mitra Tokopedia di lapangan. Berdasarkan survei Mitra Tokopedia, sebagian besar penjual merasa terbantu dengan keberadaan Sobat Mitra, terutama terkait kemudahan memperoleh informasi dan pengetahuan dalam penggunaan aplikasi Mitra Tokopedia.

Saat ini Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Mitra Tokopedia juga telah menjangkau wilayah Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado dan Pontianak.