Jakarta, MNEWS.co.id – Kondisi pandemi saat ini membawa dampak dan menekan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk terus bertahan. Ada sebagian bisnis yang justru meningkat, sedangkan yang lainnya berjuang untuk hanya satu atau dua penjualan. Oleh karena itu, pelaku usaha harus memikirkan kembali upaya strategi apa yang akan dilakukan agar membuat bisnis tetap berjalan.
Irvan Helmi, Owner Anomali Coffee mengatakan, para pemilik usaha pun harus memutar otak untuk memastikan keuangan usahanya tetap sehat dan bisa bertahan di era new normal saat ini.
Irvan menjelaskan dalam membangun strategi pemasaran di masa-masa penuh tantangan ini, menuntut adanya sebuah perubahan serta kesabaran agar tetap bisa berpikir rasional. Ia pun menyebutkan perlu adanya strategi cakrawala baru dalam pemasaran untuk membantu kelangsungan usaha di masa pandemi.
Yang pertama adalah relevansi, yaitu pelaku usaha harus bisa memperhatikan beberapa kebutuhan yang ada untuk menghasilkan produk yang relevan bagi konsumen di masa pandemi ini.
Selanjutnya mengenai aset internal yang dimiliki yaitu mengenai sistem pengendalian internal dan prinsip pengendalian internal digunakan untuk membatasi perilaku kita pada usaha.
Irvan juga menjelaskan pentingnya faktor kolaborasi dalam usaha akan memberikan berbagai manfaat mulai dari kekuatan usaha, menambah pengetahuan, dan memperluas pasar.
Menurutnya, kolaborasi bukan hanya bertujuan untuk menciptakan produk baru yang memanjakan pelanggan atau konsumen, tetapi juga untuk mendatangkan keuntungan bagi masing-masing perusahaan. Kolaborasi merupakan salah satu tahapan di dalam sebuah bisnis, karena untuk menuju kesuksesan dan memperluas jangkauan bisnis tidak dapat hanya dilakukan sendirian.
Tidak hanya kolaborasi, inovasi juga menjadi faktor penting bagi UMKM di masa pandemi saat ini. Irvan mengatakan untuk menemukan cara baru untuk meningkatkan daya saing, membutuhkan kreativitas dan inovasi.
Karena inovasi dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk memulai dan mengembangkan usaha untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, inovasi ini dapat membantu pelaku usaha untuk memecahkan permasalahan, meningkatkan peluang, dan menghadapi pesaing.